Keutamaan dan Manfaat Puasa Syawal Berikut dengan Caranya

Puasa syawal Merupakan puasa sunnah yang dikerjakan di bulan syawal tidak termasuk pada tanggal yang diharamkan, yaitu 1 dan 2 syawal. Nah, sekarang anda tahu puasa syawal mulai kapan dikerjakan.

Setelah anda mengetahui puasa syawal mulai kapan dilakukan. Selanjutnya mengetahui tata cara melakukan puasa syawal yang akan dibahas pada artikel postingan kali ini.

Bukan hanya itu, Islam Center juga akan memaparkan sedikit manfaat daripada puasa untuk kesehatan badan yang tentu akan dipaparkan pada poin yang sudah dibuat dibagian bawah artikel.

Terlebih lagi pahala puasa syawal ini seperti pahala seseorang yang berpuasa selama satu tahun penuh sesuai dengan apa yang terdapat pada hadits riwayat Imam Muslim.

Berikut Ini Keutamaan, Manfaat, Cara, dan Waktu untuk Puasa Syawal

Keutamaan Puasa Syawal

Keutamaan puasa syawal adalah sesuai dengan apa yang disabdakan nabi Shalallahu Alaihi Wassalama, yang maknanya kurang lebih: Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan kemudian berpuasa di bulan Syawal sebanyak enam hari, maka pahalanya seperti orang yang berpuasa selama setahun.

Selain memiliki keutamaan mendapat pahala seperti orang yang berpuasa selama setahun penuh, juga salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wataala.

Keutamaan lainnya, mungkit tidak bisa disebutkan lebih banyak lagi. Karena sebenarnya amalan ibadah seperti puasa ini, banyak sekali keutamaan-keutamaan yang akan didapat bagi mereka yang berpuasa.

Manfaat Puasa Syawal

Manfaat puasa syawal untuk kesehatan tentu tidak jauh berbeda dengan puasa sunnah lainnya. Karena menurut ilmu kedokteran menyebutkan bahwa dengan berpuasa ia akan terjaga sistem pencernaannya.

Selain itu, bagi mereka yang sering melakukan puasa, ia tidak akan mudah terkena sakit. Baik sakit ringan maupun sakit berat, maka sering kita dengar sehat itu memang mahal.

Oleh karena itu, sebisa mungkin kita dapat melakukan puasa. Terlebih lagi puasa sunnah di bulan Syawal. Selain memperoleh pahala juga membuat badan tetap terjaga terus sehat.

Waktu Puasa Syawal

Mungkin anda bertanya-tanya mengenai puasa syawal dilakukan selama berapa hari?, atau kapan mulai bisa berpasa syawal?. Paling tidak ada pertanyaan tersebut sehingga anda dapat memulainya dengan baik.

Puasa syawal dilaksanakan selama 6 hari, yakni sesuai dengan apa yang disampaikan oleh baginda nabi Shalallahu Alaihi Wassalama di dalam hadits riwayat Imam Muslim. Puasa 6 hari dibulan syawal ini dapat dilakukan berturut-turut atau bisa dengan cara puasa daud, yaitu hari ini puasa dan besok tidak. Yang jelas selagi waktu pelaksanaan puasa syawal di bulan syawal.

Puasa syawal dikerjakan selama 6 hari ini dapat dilakukan oleh mereka yang tidak sedang memiliki qadha puasa ramadhan. Nah, hal ini menjadi syarat bagi anda sebelum melakukan puasa sunnah ini.

Jadi, jika anda memiliki qadha maka sebaiknya mengqadha terlebih dahulu daripada melakukan puasa syawal. Karena martabat kedudukan puasa wajib yang diqadha pahalanya lebih besar dibandingkan puasa sunnah yang ada. Seperti puasa sunnah di bulan Syawal.

Cara Puasa Syawal

Setelah anda mengetahui waktu mengenai kapan puasa syawal dilakukan, maka selanjutnya tinggal belajar tentang tata cara puasa syawal yang disunnahkan oleh baginda nabi SAW.

Sebelum melakukan puasa syawal tentu anda harus dapat memperhatikan hal-hal yang disunnahkan sebelum berpuasa, yaitu seperti melakukan sahur, kemudian mengamalkan doa-doa harian, membaca quran, dan amalan sunnah lainnya.

Seperti pada umumnya, sebelum anda berpuasa diharapkan untuk niat puasa syawal. Niat puasa syawal ini dapat dilakukan dipagi hari jika anda lupa berniat dimalam harinya.

Hal ini tentu jauh berbeda dengan puasa wajib (Ramadhan), jika anda lupa niat dimalam hari maka anda wajib mengqadhanya dan wajib tidak buka sampai menjelang waktu berbuka.

Untuk niat puasa syawal 6 hari ini, anda dapat digabung dalam satu kali niat saja jika anda bermadzhab imam malik. Tapi jika anda bermadzhab imam syafii, lebih utama untuk niat puasa sunnah ini dilakukan pada saat ingin berpuasa.

Sebenarnya tidak ada kalimat khusus untuk berpuasa yang danjurkan oleh nabi SAW., maka dengan kalimat seperti HARI INI SAYA BERPUASA SUNNAH SYAWAL KARENA ALLAH, sebenarnya itu saja sudah cukup.

Namun apabila anda ingin sesuai dengan adab ibadah puasa berikut ini adalah doa niat puasa syawal yang bisa anda baca untuk satu setiap harinya. Silakan anda bisa membacanya.

نويت صوم شهر الشوال سنة لله تعالى

Artinya: Aku berniat puasa bulan syawal, sunnah karena Allah taala.

Selanjutnya adalah doa buka puasa syawal. Nah, mengenai hal ini anda bisa menggunakan bacaan doa sebelum makan pada umumnya tapi jika anda tidak hafal, maka dengan membaca basmalah pun sudah cukup.

Jangan lupa untuk mengawali memakan makanan yang manis seperti buah kurma, buah-buahan, dan lain sebagainya. Selain itu, selesai makan makan ucapkanlah hamdalah.

Demikianlah artikel tentang Keutamaan dan Manfaat Puasa Syawal. Nah, mungkin sekarang sudah tahu prihal puasa syawal berapa hari, puasa syawal dilakukan selama 6 hari, dan juga hal lainnya. Wallahu 'alam bishawab

Posting Komentar untuk "Keutamaan dan Manfaat Puasa Syawal Berikut dengan Caranya"