Desain Kandang Domba Modern

Desain Kandang Domba
Desain Kandang Domba Modern

Desain Kandang Domba Modern - Beberapa peternak bingung membuat kandang domba peliharaannya, kebiasaan yang masih dilakukan oleh masyarakat dalam membuat kandang domba adalah menggunakan bahan dari bambu. Namun, kandang tidak akan mampu bertahan lama. Berbeda dengan kandang modern yang dapat bertahan cukup lama, Nah pada artikel kali ini kami akan menyajikan sebuah desain kandang modern yang bisa dijadikan sebuah pilihan utama sebelum membuat kandang domba peliharaan.

Bahan yang digunakan untuk membuat kandang domba ini seluruhnya menggunakan besi isi, hanya saja pada bagian pakannya yang terbuat dari kayu papan dan bagian bawah kandang domba menggunakan kayu ram. Hal ini dibuat dan dirancang agar domba tetap nyaman saat rebahan.

Anda hanya perlu membutuhkan biaya kurang lebih 5 jt untuk membuat jenis kandang ini. Jangan khawatir, yang membuat kandang seperti ini bukan anda melainkan tukang besi. Anda hanya memperlihatkan Desain Kandang Domba Modern ini pada tukang besi lalu yang mengerjakan mereka.

Waktu Pembuatan Desain Kandang Domba Modern

Waktu pembuatan kandang kurang lebih memerlukan waktu dua minggu. Menurut saya dengan lamanya waktu ini adalh sangat maksimal dalam pembuatan kandang yang memiliki desain seperti yang ada pada gambar. Anda juga bisa leluasa untuk mengecat atau mendisain kandang dengan berbagai macam warna.

Domba Betina dalam Kandang
Desain Kandang Domba Modern

Dengan kondisi kandang seperti ini tentu semua domba merasa nyaman untuk berteduh. Terutama bagi anda yang sedang ternak domba dari awal, maka yang perlu dipersiapkan adalah desain kandang yang nyaman untuk domba peternak seperti yang dilihat pada gambar di atas.

Perawatan Kandang Domba Modern

Pembersihan kotoran domba juga perlu diperhatikan, karena sebagus apapun desain kandang domba yang di buat kalau tidak trutin dibersihkan, maka akan membuat domba rawan terkena penyakit. Biasakan untuk pembersihan kotoran domba setiap hari dua kali, yaitu pagi dan sore hari saja, manfaatkan kotoran untuk pupuk organik tanaman.

Alat dan bahan yang diperlukan untuk perawatan kandang domba, yaitu sebagai berikut.

  • Ember
  • Sapu Lidi
  • Karung goni
  • Air
  • Pengki yang terbuat dari bahan bambu

Alat atau peralatan di atas adalah merupakan peralatan yang wajib ada. Jika ada yang berlum masuk ke daftar list alat dan bahan perawatan kandang, berarti itu adalah sebuah tambahan saja. Yang jelas, untuk membersihkan kandang domba itu idealnya diperlukan peralatan seperti di atas.

Tips dan Saran Sebelum Membuat Kandang Domba

Sebelum membuat desain kandang domba modern yang diharapkan oleh kita, tentu ada beberapa tips dan saran. Ini supaya kandang memiliki usia yang cukup lama, Nah apa saja tips dan sarannya. Berikut adalah beberapa tips dan saran yang bisa anda lakukan sebelum membuat kandang domba.

Tips dan saran sebelum membuat desain kandang domba modern,

  1. Pilih bahan besi yang berkualitas baik, jika perlu jenis besi isi.
  2. Gunakan cat besi yang bermerek atau memiliki kualitas anti karat
  3. Tempatkan dan buat pondasi kandang dengan menggunakan semen berkualitas
  4. Pilih lokasi yang terbuka, tidak sempit dan tidak lembab
  5. Gunakan jenis kayu jati sebagai tempat pakan domba dan bagian bawah atau alas kandang
  6. Gunakan asbes berkualitas baik, jika yang merk standar saya kurang yakin kalau kandang ini bertahan lama
  7. Buat kemiringan tempat pembuangan kotoran.
Nah, itulah beberapa tips dan saran yang bisa anda lakukan sebelum membuat desain kandang domba modern. Saya kira postingan ini lebih dari cukup dalam memberikan informasi terkait cara, perawatan, dan tips untuk membuat desain kandang domba modern.


Posting Komentar untuk "Desain Kandang Domba Modern"