Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

Penyebab Anak Muntah di Malam Hari dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi anak muntah di malam hari ini merupakan bentuk upaya yang dilakukan orangtua dalam menangani anaknya yang mengalami mual-muntah di malam hari.

Saat anak muntah di malam hari tentu waktu istirahatnya terganggu. Sebagai orangtua, pastinya Moms perlu mencari tahu penyebab anak muntah di malam hari sehingga nantinya Anda menemukan solusi atau cara mengatasinya.

Berikut penyebab anak muntah di malam hari,

Penyebab Anak Muntah di Malam Hari

Beberapa penyebab anak muntah di malam hari perlu diwaspadai oleh orangtua. Agar kondisi anak tidak bertambah parah, maka Anda harus memberikan pertolongan pertama pada anak yang muntah malam hari.

Dengan mengetahui faktor penyebabnya, orangtua akan menemukan dan berpikir bagaimana cara mengatasi anak muntah di malam hari sehingga kondisi anak akan segera membaik.

Keracunan Makanan

Penyebab anak tiba-tiba muntah tengah malam yang pertama adalah karena keracunan makanan. Tidak menutup kemungkinan jika makanan yang dimakan anak masih menempelnya zat kimia (pupuk/pestisida) yang bisa menjadi faktor utama penyebab anak muntah di malam hari.

Gejala yang dialami anak saat keracunan diantaranya sakit perut, mual, pusing, dan sampai mengalami demam. Makanan yang dimasak setengah matang, lama di dalam kantong/tas, dan makanan yang ditinggalkan di luar dalam waktu lama juga menjadi penyebab lain dari keracunan pada anak.

Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi anak muntah di malam hari dikarenakan keracunan manakan ini yakni dapat dilakukan dengan memberikan minuman penetralisir racun. Air kelapa sangatlah baik untuk diberikan pada anak yang sedang mual muntah dimalam hari karena keracunan makanan.

Flu Perut

Kondisi dimana anak mengalami sakit pada bagian perut yang pada umumnya bisa menyerang anak-anak pada malam hari. Inilah sebabnya kenapa flu perut menjadi penyebab anak tiba-tiba muntah tengah malam.

Sampai sekarang penyebab ini belum ditemukan pasti apa penyebabnya, apakah karena bakteri atau virus. Namun yang jelas, flu perut ini dapat mengakibatkan muntah, demam, pusing, sakit perut, dan diare pada penderitanya.

Tidak ad acara lain, yang dapat dilakukan oleh orangtua. Namun untuk cara mengatasi anak muntah di malam hari, Moms perlu memberikan pijatan lembut pada bagian perutnya dengan menggunakan minyak telon dan juga dibarengi mengonsumsi buah-buahan segar.

Mendengkur Saat Tidur

Penyebab anak muntah malam hari adalah karena mendengkur saat tidur. Sangat mungkin sekali terjadi pada anak yang memiliki berat badan tinggi, sebab umunya anak yang memiliki bb tinggi ini sering mendengkur saat tertidur.

Kondisi mendengkur saat tertidur tidak menutup kemungkinan terjadinya muntah baik di malam hari maupun siang hari saat istirahat/tidur.

Salah satu cara mengatasi anak muntah di malam hari yang satu ini, mungkin Moms dapat memposisikan tidur anak pada posisi normal, yaitu dimana posisi tubuh miring ke samping kanan. Artinya, jangan ditelentangkan sebab posisi ini akan membuatnya mendengkur dan bisa sampai muntah-muntah jika tersedak.

Sensitivitas Makanan

Penyebab anak muntah malam hari selanjutnya adalah dikarenakan sensitivitas makanan. Faktor makanan bisa memungkinkan terjaddinya muntah pada malam hari, sebab faktanya sebelum anak tidur biasanya ia memakan makanan.

Kebiasaan makan sebelum tidur ini memang sudah menjadi hal yang lumrah, namun anda sebagai orangtua mesti memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi oleh anak agar kiranya tidak terjadi muntah pada malam hari.

Salah satu cara mengatasi anak muntah di malam hari ini dapat dilakukan dengan mengingat kembali jenis makanan yang dikonsumsi anak sebelum ia tidur. Biasanya makanan yang dapat menyebabkan sensitivitas ini seperti, makanan produk olahan susu, keju, coklat, telur, produk olahan kacang kedelai, dan lain-lain.

Batuk-Batuk

Kondisi batuk-batu juga menjadi penyebab anak tiba-tiba muntah tengah malam, hal ini terjadi karena situasi seperti ini akan membuat anak reflex muntah di malam hari saat ia tertidur.

Biasanya batuk-batuk pada anak ini berawal dari flu dan pilek, dimana saat anak mengalami pilek dan flu tentu terdapat banyak lender, juga dapat mempengaruhi organ lambungnya sehingga ia akan merasakan mual dan muntah-muntah.

Untuk cara mengatasi anak muntah di malam hari ini tentu Moms harus dapat membawanya ke dokter atau memberinya obat-obatan, baik herbal maupun obat resep dokter.

Refluks Asam Lambung

Refluks asam lambung merupakan kondisi dimana terjadinya iritasi pada tenggorokan dan ini tentunya dapat memicu terjadinya mual dan muntah-muntah.

Tidak heran jika refluks asam lambung ini menjadi faktor penyebab anak tiba-tiba muntah tengah malam. Tenggorokan yang iritasi bukan menjadi salah satu penyebab muntah pada anak, melainkan makanan juga dapat menjadi faktor pemicu terjadinya muntah.

Ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu terjadinya refluks asam lambung, diantaranya adalah makanan yang digoreng atau berlemak, cokelat, keju, dan jenis buah sitrus seperti jeruk dan tomat.

Nah, salah satu cara mengatasi anak muntah di malam hari ini tentu dapat dilakukan dengan menghindari penyebabnya.

Asma

Bukan hanya kondiri refluks asam lambung, Asma juga menjadi penyebab anak muntah malam hari. Karena pasalnya kondisi asma ini dapat menyebabkan anak sering batuk di malam hari.

Tentu saja, kondisi seperti batuk-batu ini dapat memicu terjadinya muntah-muntah pada saat anak tidur di malam hari.

Salah satu cara mengatasi anak muntah di malam hari dikarenakan asma ini, Moms bisa membuatkan sebuah aroma teraphy yang tidak begitu menyengat pada ruangan tidur/kamar anak.

Rasa Mulas

Bukan hanya refluks asam lambung saja yang bisa mengiritasi tenggorokan, Rasa mulas juga sama halnya. Terlebih rasa mulas ini dapat memicu batuk dan menjadi faktor penyebab anak muntah malam hari.

Beberapa makanan seperti gorengan, keju, dan makanan olahan produk kemasan lainnya juga bisa menjadi si kecil mengalami muntah tengah malam saat ia tidur.

Oleh karena itu, cara mengatasi anak muntah di malam hari karena rasa mulas ini orangtua harus memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi anak sebelum menjelang tidurnya. Sebab jika tidak, bisa saja anak mudah sakit.

Cara Mengatasi Anak Muntah di Malam Hari

Ada banyak cara untuk mengatasi anak muntah di malam hari, namun apapun caranya yang jelas Mom harus dapat mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Maka dari itu, dengan mengetahui pemicu terjadinya muntah pada anak, Moms dapat menghindarinya dan memberikan perlakuan yang baik seperti memberikan vitamin dan asupan nutrisi yang cukup.

Apabila dengan beberapa cara yang ada dalam artikel postingan ini juga belum membaik kondisi anak Moms, maka alangkah baiknya untuk segera dibawa ke bidan atau dokter spesialis anak terdekat.

Baca Juga: Cara Mengatasi Anak Muntah Karena Masuk Angin

Semoga saja cara-cara yang ada didalam post ini menjadi inspirasi dan sebagai pertolongan pertama anak muntah malam hari sehingga Mom’s and Dad’s tidak kebingungan lagi dalam mencari solusi atau cara mengatasinya.

Sudah Paham Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Muntah di Malam Hari?

Bagaimana Mom’s Dad? Sudah paham bagaimana cara mengatasi anak muntah tengah malam. Benar sekali, dengan mengetahui faktor penyebabnya terlebih dahulu kemudian mencari solusi atau cara mengatasinya.

Itulah postingan singkat mengenai bagaimana cara mengatasi anak muntah di malam hari. Baik, mudah-mudahan artikel ini dapat memberikan manfaat yang cukup jelas dalam mengatasi masalah kesehatan anak.

You Might Also Like:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar