Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

16 Cara Ampuh Mengatasi Anak Muntah Karena Masuk Angin

Cara mengatasi anak muntah karena masuk angin sebenarnya dapat diatasi dengan memberi air minum, pijatan, dan menidurkannya dalam posisi miring ke samping. Cara ini sudah menjadi umum digunakan oleh orang tua saat anaknya mengalami muntah-muntah karena masuk angin. Nah, kali ini Blog MOM AND BABY akan memberikan tips atau cara mengenai bagai mana cara yang biasa digunakan orangtua dalam menangani anaknya ketika muntah yang disebabkan masuk angin.

Namun sebelumnya tahukah Anda ternyata ada beberapa cara yang direkomendasikan untuk orang tua dalam mengatasi anak yang muntah karena masuk angin? Untuk lebih jelasnya, silakan simak selengkapnya didalam postingan ini.

Gejala Anak Muntah Karena Masuk Angin

Sebelum menginjak pada cara mengatasi anak muntah karena masuk angin, alangkah baiknya jika anda pahami dan kenali terlebih dahulu mengenai gejala-gejalanya.

Gejala masuk angin sudah menjadi istilah umum dikalangan masyarakat awam. Perut sakit, kembung, atau jika ditepuk terdengar suara nyaring di dalam perut. Pang,,,pinng,,,pung, begitulah kurang lebih suaranya.

Gejala anak muntah karena masuk angin ini sebenarnya suatu keadan dimana anak akan mengalami flu yang diikuti dengan demam, sakit perut, menggigil, dan demam. Tentu penderitanya akan mengalami tidak enak badan dibarengi dengan rasa mual hingga terjadi muntah-muntah yang berlebihan.

Jadi, ketika anak mengalami lemas, BAK sedikit, bibir terlihat kering, dehidrasi, perut menjadi besar dan bunyi disertai demam. Maka dapat dipastikan bahwa anak tersebut mengalami masuk angin dan kemungkinan terjadi mual muntah.

Rekomendasi Cara Ampuh Mengatasi Anak Muntah Karena Masuk Angin

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi cara mengatasi anak muntah karena masuk angin yang bisa Anda lakukan. Perlu kamu ketahui bahwa cara ini berlaku bukan hanya untuk anak-anak saja melainkan dapat diaplikasikan pada orang dewasa yang mengalami hal yang sama.

1. Pijat Anak dengan Telaten

Pijatan yang diberikan kepada anak menjadi cara pertama yang bisa dilakukan oleh orang tua dalam mengatasi anak muntah karena masuk angin.

Cara memijat anak muntah masuk angin dapat dilakukan dengan pijat refleksi, dilakukan pada titik titik refleksi masuk angin. Jadi, Moms tidak perlu memijat seluruh bagian tubuh anak, cukup dengan memijat pada bagian titik tersebut.

Tahukah Moms pada bagian mana saja titik refleksi ini? Nah, berikut adalah beberapa titik refleksi masuk angin yang bisa moms ketahui sebelum memijat anak yang muntah karena masuk angin.

  • Titik pijat di telapak tangan
  • Titik pijat di telapak kaki
  • Titik akupresur perut kembung
  • Titik akupresur masuk angin

Nah, itulah cara memijat anak muntah masuk angin melalui beberapa titik pijat refleksi yang dapat membantu mengatasi mual muntah karena masuk angin pada seornang anak.

2. Oleskan Minyak Kayu Putih

Cara mengatasi anak muntah karena masuk angin yang selanjutnya adalah bisa dilakukan dengan cara mengoleskan minyak kayu putih pada bagian dada, perut, dan punggung si anak.

Oleskan minyak kayu putih secukupnya, jangan berlebihan atau terlalu banyak karena melebihi dosis akan membuat anak tidak nyaman.

3. Beri Larutan Oralit

Larutan oralit dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh anak saat mengalami muntah karena masuk angin. Meminum larutan elektrolit ini juga menjadi salah satu cara mengatasi anak muntah karena masuk angin yang paling cocok dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Larutan ini atau sering disebut juga larutan elektrolit mengandung gula, garam, kalium, dan potassium. Tujuan utama pemberian larutan oralit pada anak adalah supaya tidak terjadi dehidrasi.

Kini serbuk oralit dapat ditemukan di tempat apotek terdekat. Akan tetapi jika tidak sempat pergi ke apotek untuk membeli serbuk oralit karena kondisi tidak memungkinkan, maka Mom bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur.

Sebelum melakukan cara mengatasi anak muntah karena masuk angin dengan menggunakan larutan oralit. Apakah Mom tahu bagaimana cara membuatnya? Nah, berikut ini adalah cara yang bisa mom lakukan untuk meraciknya.

Ada tiga bahan yang perlu disiapkan, yaitu: 8 sdt. gula pasir, 1,2 sdt. garam, dan 1 Lt. air matang. Selanjutnya siapkan wadah bersih dan masukkan semua bahan kedalam wadah dan aduk hingga tercampur dan menjadi sebuah larutan.

Setelah itu, berikan pada anak yang sedang mengalami muntah karena masuk angin. Berbicara mengenai dosis yang diberikan, 1-2 sdm (untuk anak-anak) dan 1 sdm (untuk bayi) setiap 15-20 menit. Pemberian larutan oralit untuk usia anak di atas 1 tahun adalah satu Ltr. dalam sehari sedang untuk bayi satu liter setiap harinya. Hal ini apa yang ditetapkan oleh UNICEF.

4. Balurkan Bawang Merah ke Tubuh Anak

Sebenarnya cara yang satu ini sudah dilakukan oleh orang tua dahulu ketika anaknya mengalami gejala masuk angin. Hingga saat ini, tetap digunakan dan masih efektif dalam meredakan rasa mual muntah karena masuk angin.

Cara mengatasi anak muntah karena masuk angin dengan membalurkan bawang merah ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan cara membuatnya juga tidak terlalu susah sebab bahan yang digunakan ada di dapur.

Cukup dengan menyiapkan irisan bawang merah kemudian campur dengan miyak telon atau bisa menggunakan minyak baby oil. Setelah itu, balurkan ke bagian tubuh anak seperti pada bagian peut, punggung, leher, dan kening. Hindari bagian-bagian sensitif seperti mata, daerah vital, dan luka luar.

5. Tempelkan Daun Jarak

Sama halnya cara sebelumnya, menempelkan daun jarak pada bagian perut si anak juga menjadi cara yang efektif untuk dilakukan orang tua saat mengatasi anak muntah karena masuk angin.

Untuk melakukan cara ini sangat mudah, Mom cukup menyediakan satu daun jarak yang sudah dicuci dengan air bersih kemudian tempelkan pada perut si anak.

6. Berikan Sup Hangat

Memberikan sup hangat juga bisa membantu mengatasi mual muntah karena masuk angin yang dialami oleh seorang anak. Jenis sup yang disarankan oleh dokter untuk diberikan pada anak dalam mengatasi masalah ini adalah sup ayam hangat.

Faktanya sup yang satu ini dapat meningkatkan nafsu makan anak dan disisi lain dapat mengembalikan stamina anak setelah muntah. Cara mengatasi anak muntah karena masuk angin yang satu ini sangat manjur dan patut untuk dicoba Mom!

7. Beri Air Putih yang Cukup

Setelah anak muntah, sebaiknya orang tua segera memberinya air minum yang cukup agar tubuh anak tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Sebab anak yang muntah tubuhnya sangat rentan mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, agar tubuh si anak tetap terhidrasi maka mesti diberi air putih yang cukup.

Pemberian air putih yang cukup ini sebagai salah satu cara mengatasi anak muntah karena masuk angin yang dapat dilakukan oleh orang tua.

8. Kasih Makanan dalam Porsi Sedikit tapi Sering

Saat anak mengalami muntah karena masuk angin, disarankan untuk tidak memberikan makanan dalam jumlah banyak. Cukup dengan memberi makanan dalam porsi sedikit namun sering, berarti mom harus menyedikan jenis makanan camilan.

Kenapa kita tidak disarankan untuk memberikan makanan pada anak dengan porsi banyak saat masuk angin. Jika terjadi, maka akan memicu terjadinya muntah kembali. Jadi, akan lebih efektif jika moms memberikan makanan berporsi sedikit namun sering dibandingkan dalam jumlah banyak.

9. Berikan Aromaterapi

Mom juga bisa menyiapkan aromaterapi di dalam ruangan kamar tidur si anak untuk bisa dihirup olehnya. Aromaterapi dapat meredakan rasa mual muntah yang diakibatan masuk angin dan ini menjadi cara yang bisa Mom lakukan setelah anak mengalami muntah karena masuk angin.

Agar aromaterapi yang kita buat tidak menambah rasa mual pada anak, maka pilihlah aroma yang tidak terlalu menyengat sebab biasanya aroma yang kuat atau menyengat bisa memicu terjadinya mual muntah secara terus menerus.

10. Buatkan Humidifier

Cara lain untuk mengatasi anak muntah karena masuk angin adalah dengan membuatkan Humidifier. Umumnya saat anak mengalami masuk angin, terdapat beberapa tanda gejala seperti batuk pilek. Maka dari itu, disarankan untuk membuatkan Humidifier dan menyimpannya dalam satu ruangan.

Dengan menggunakan Humidifier dapat dipastikan bahwa ruangan yang ada disekitar bisa steril dari jamur dan bakteri sehingga hidung anak tidak mengalami tersumbat lagi.

11. Kontrol Suhu Badan Anak

Kontrol suhu badan anak dengan menggunakan termometer badan secara berkala. Pengontrolan suhu badan ini sangat membantu untuk menghindari terjadinya step pada anak.

Jika suhu badan anak naik dan ditandai dengan demam tinggi, segera berikan obat parasetamol atau bisa mencari obat alami penurun panas lain untuk meredakan demamnya.

12. Hentikan Pemberian Makanan Padat

Menghentikan pemberian makanan padat untuk sementara waktu juga merupakan salah satu cara mengatasi anak muntah karena masuk angin. Ciri makanan padat adalah makanan yang mengandung banyak karbohidrat seperti nasi, roti, gandum, dan jenis makanan lainnya.

Jadi, berikanlah makanan pada anak dalam porsi sedikit namun sering. Hal ini sudah disampaikan pada poin sebelumnya, sebab jika berlebihan dalam memberikan makanan dalam jumlah banyak akan memicu terjadinya mual muntah terlebih lagi jika makanannya banyak mengandung karbo, bisa-bisa rasa mual muntah pada anak ini tidak cepat teratasi.

13. Ketika Tidur Posisikan Tubuh Anak ke Arah Samping

Memposisikan tubuh anak ketika tidur agar tetap miring kesamping juga merupakan cara mengatasi anak muntah karena masuk angin. Cara ini sangat membantu untuk dilakukan oleh setiap orang tua ketika anaknya mengalami masuk angin dan muntah.

Kenapa harus memiringkan tubuh anak ketika mengalami mual muntah karena masuk angin? Tidak lain, hal ini adalah bentuk antisipasi untuk menghindari tersedak saat anak muntah.

14. Beri Minuman Hangat

Cara mengatasi anak muntah karena masuk angin juga bisa dilakukan dengan memberikan jenis air munuman hangat. Contoh minuman ini adalah teh manis hangat, wedang jahe, bajigur, dan lain jenis minuman lainnya.

Air minuman hangat juga dapat mengurangi rasa mual pada diri anak sehingga si anak merasa nyaman dan tidak mudah muntah. Minuman hangat juga bisa meredakan rasa tidak enak yang disebabkan masuk angin.

15. Istirahat yang Cukup

Istirahat cukup dengan diam di rumah merupakan satu diantara Cara mengatasi anak muntah karena masuk angin yang banyak direkomendasikan oleh dokter untuk dilakukan orangtua ketika anaknya masuk angin.

Saat anak mengalami mual, muntah, bahkan perut merasa kembung dikarenakan masuk angin lebih baik anda sebagai orang tua agar tidak mengajak anak keluar rumah. Istirahatlah yang cukup dengan berdiam diri di rumah hingga anak benar-benar sembuh.

Agar anak tidak jenuh dan bosan saat berada di rumah, buatlah aktifitas ringan yang bisa menghibur anak sehingga ia merasa senang dan menjadi betah dalam arti tidak mau mengjak keluar rumah.

16. Konsultasi dengan Dokter

Konsultasikan dengan dokter spesialis jika anak Mom mengalami mual muntah berlebihan. Konsultasi dapat dilakukan setelah mencoba melakukan beberapa cara mengatasi anak muntah karena masuk angin yang sudah disampaikan di atas.

Jika tidak memungkinkan untuk melakukan salah satu cara yang ada di dalam postingan ini, silakan konsultasikan masalah yang dialami anak langsung pada bidan atau dokter di daerah terdekat Moms agar masalah segera teratasi.

Obat Alami yang Cocok untuk Anak Masuk Angin dan Muntah

Setelah mengetahui Cara mengatasi anak muntah karena masuk angin saatnya Mom ketahui bagaimana cara mengobati anak muntah karena masuk angin dengan menggunakan obat alami yang cocok dan baik ini, kerap menjadi pertanyaan penting bagi orang tua buat mengatasi masalah yang diderita oleh anaknya. Yap, seperti halnya sedang mencari tahu tentang obat alami apa yang cocok buat anak masuk angin yang disertai dengan muntah ini.

Berikut ini beberapa obat alami yang cocok untuk anak masuk angin dan muntah, berikut dengan cara mengobatinya.

  1. Madu
  2. Madu bisa menjadi obat anak masuk angin dan muntah yang paling praktis. Cukup menyiapkan satu gelas air hangat sebanyak 250 ml dan tambahkan 1 sdm madu, aduk hingga merata dan berikan kepada anak sedikit demi sedikit.

  3. Sup ayam
  4. Cara mengobati anak muntah karena masuk angin selanjutnya adalah dengan memberikan semangkuk sup ayam. Perlu diketahui bahwa sup ayam ini bisa dibilang obat alami anak mauk angin dan muntah.

  5. Minuman hangat
  6. Minuman yang dibuat dari rempah seperti jahe dan gula aren atau bahan lain seperti madu tentu dapat menghangatkan tubuh anak yang sedang masuk angin. Faktanya minuman ini paling manjur dalam meredakan rasa mual muntah.

  7. Vitamin C
  8. Obat alami anak masuk angin dan muntah lainnya adalah vitamin C. Obat anak masuk angin dan muntah yang satu ini dapat ditemukan pada beragam jenis buah-buahan. Hampir semua buah mengandung vit.C namun kebanyakan yang sudah dikenal adalah buah jeruk.

Nah, itulah obat alami yang cocok untuk anak masuk angin dan muntah yang bisa Mom ketahui. Kenapa ada empat? Karena dari sekian banyak obat alami masuk angin hanya itu yang paling sering ditemukan dan diberikan pada anak.

Sudah Paham Gejala, Obat Alami, dan Cara Mengatasi Anak Muntah Karena Masuk Angin?

Keadaan anak saat masuk angin terkadang berbeda-beda seperti tantrum atau rewel, diam, sakit perut sambil memegang perut, dan lain sebagainya. Namun demikian kita sebagai orang tua harus dapat mengantisipasi jika anak mengalami masuk angin dan muntah.

Bentuk usaha yang dilakukan orangtua atau antisipasi ini bisa berupa mencari informasi terkait obat alami anak masuk angin dan muntah hingga melakukan berbagai cara mengatasi anak muntah karena masuk angin lainnya.

Demikianlah artikel mengenai bagaimana cara mengatasi anak muntah karena masuk angin. Semoga postingan ini memberikan informasi penting bagi anda yang sedang mencari info tentang cara mengatasi anak muntah karena masuk angin.

You Might Also Like:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar