Cara Memilih Printer Bagus dan Terbaik

Cara memilih printer bagus dan terbaik tidaklah mudah, diperlukan keterampilan dalam mencari kualitas yang baik. Pada kali ini, kami akan mengulas mengenai bagaimana cara dalam memilih printer yang benar sehingga teman tidak salah pilih.

Namun tahukah sobat apa itu printer itu sendiri? printer alat otput yang digunakan oleh pekerjaan kantoran untuk mencetak dokumen bahkan bukan hanya perkantoran saja tapi umum.

Cara Memilih Printer Bagus Terbaik

Jadi secara umum printer adalah perangkat output yang berguna untuk mencetak dokumen baik berbentuk foto atau gambar maupun berbasis data lainnya yang berisi sebuah laporan.

Berikut cara mencari printer yang terbaik bisa sobat lakukan,

Cara Memilih Printer Bagus Terbaik

1. Membaca deskripsi printer

Membaca deskripsi sebelum membeli merupakan bentuk usaha seseorang dalam mencari barang elektronik yang berkualitas baik. Kamu dapat mencari tahu mengenai status atau spesifikasi printer yang akan dibeli.

Sebagai contoh, saya ingin membeli printer yang bermerk X maka saya akan menggunakan ponsel saya untuk mencaritahu informasi seputar spesifikasinya. Mulai dari apakah printer yang akan saya beli sesuai dengan harapan atau tidak, yang jelas melihat fungsinya yaitu sebagai alat output yang dapat mencetak berbagai dokumen.

Banyak orang yang membeli printer tanpa membaca deskripsinya terlebih dahulu sehingga mengakibatkan barang mudah ruksak. Biasanya printer yang bagus dan terbaik memiliki deskripsi yang lengkap mulai dari panduan, spesifikasi, hingga sampai pada garansi barang.

2. Memiliki dua fungsi

Cara memilih printer bagus dan terbaik selanjutnya adalah cari printer yang memiliki dua fungsi, yaitu bisa digunakan untuk scanner dan untuk mencetak.

Printer yang memiliki dua fungsi ini, bisa mencetak dokumen dan scanner tentunya sangat berguna dalam dunia pekerjaan. Misalkan saja dalam mengupload data yang berbentuk PDF atau Foto, mungkin anda tidak akan memerlukan dua alat yang satu untuk scan dan yang satu lagi mencetak dokumen.

Oleh karena itu, carilah printer yang memiliki dua fungsi sekaligus. Sebab kedua hal itu (mencetak dan scanner) selalu diperlukan dalam sebuah pekerjaan terutama di olah administrasi data kantor.

3. Sesuaikan dengan budget

Adanya budget sangat menentukan anda dalam membeli printer, kita tahu semakin mahal harga printer makan semakin berkualitas. Jika budget anda memungkinkan untuk membeli alat yang satu ini, ya menurut saya tidak ada salahnya jika anda memilih printer yang cangging. Terlebih bisa memilih printer yang harganya di atas 3 jutaan, dimana printer ini bisa menggunakan wifi.

Tidak tanggung dalam memilih printer, lebih baik yang mahal daripada yang murahan cepat rusak. Kalau yang mahal jelas kamu akan terpuaskan, seperti halnya printer yang dilengkapi fitur wifi tanpa kabel USB.

Kamu tidak perlu repot memasukan kabel USB ke pc kamu sebelum mencetak dokumen. CUkup dengan mengaktifkan wifi, dan koneksikan pada perangkat printer setelah itu dokumen yang akan diprint siap untuk dicetak.

Namun jika budget anda untuk membeli printer itu pas-pasan atau tidak cukup, lebih baik pilih printer yang memiliki satu fungsi saja yang hanya bisa mencetak dokumen. Terkait cepat rusak atau tidak itu tergantung pada cara merawat printer anda, nah bisa menyimpulkan jika perawatan kurang baik seperti dalam penggunaannya bisa jadi cepat rusak dan sering diservice.

4. Shareing dengan teman

Shareing atau berbagi pengalaman bersama teman sangat penting sebelum kamu memutuskan untuk membeli printer. Ini pengalaman saya bercerita bersama teman sebelum membeli printer sehingga saya mulai bertanya, printer apa yang bagus menurut kamu? dll.

Dari pertanyaan di atas, teman saya bisa menyimpulkan bahwa saya tidak direkomendasikan untuk membeli printer yang saya kira bagus dan terbaik menurut saya karena printer X ini tidak memiliki spesifikasi yang bagus untuk dimiliki.

Disinilah saya mulai terbuka untuk membeli printer yang memiliki spek yang bagus dan terbaik. Terlebih lagi teman saya ini sudah lama berada di dunia teknologi sehingga perihal ini dia bisa menyimpulkannya dengan baik dan saya tambah yakin.

Pada poin yang keempat ini, tentu teman yang seperti apa dulu? Nah, teman yang memiliki banyak pengalaman tentunya seperti yang memang dia paham di IT dan mengerti akan barang elektronik. Jadi, tidak ada salahnya kamu untuk berbincang bersamanya sebelum memutuskan untuk membeli printer.

5. Hindari pembelian di toko online

Terkadang membeli barang di toko online tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, terlebih lagi jika pemilik toko kurang respon jika mengalami kerusakan pada barang yang dipesan dengan kata lain itu adalah kesalahan kurir bukan penjual.

Jika sudah seperti ini, sebagai pembeli tidak bisa apa-apa selain mengharapkan uang pembelian kembali atau meminta penjual untuk mengganti yang baru.

Inilah pentingnya agar tidak membeli melalui toko online, karena barang seperti printer ini berisiko rusak dalam perjalanan. Berbeda jika sobat membelinya langsung ke toko elektronik yang ada di wilayah tertentu, jika barang rusak tentu bisa dikembalikan lagi dengan masa garansi yang masih ada.

Perlu diingat, jangan tergiur dengan harga murah yang ditawarkan oleh para penjual di toko online karena tidak semua barang sesuai dengan harapan kita. Bukan saya kurang percaya dengan masalah jual beli di toko online, tapi melihat dengan keberadaan kondisi. Teman lihat saja, barang seperti printer ini sangat riskan sekali jika jatuh saat dibawa dan ditumpuk dengan barang lainnya.

Sudah Paham Cara Memilih Printer Bagus dan Terbaik?

Dalam mencari printer yang bagus dan terbaik itu tidak semudah yang kita bayangkan, perlu adanya cara dan masing-masing orang memiliki cara tersendiri.

Kemila poin yang sudah dibahas janganlah menjadi landasan utama anda dalam mencari dan memilih printer yang bagus dan memiliki spesifikasi terbaik. Karena pilihan kembali pada diri sendiri, sehingga anda tidak bisa menyelahkan kami ketika membeli printer dengan melakukan kelima point di atas.

Demikianlah artikel mengenai bagaimana cara memilih printer bagus dan terbaik versi blog MOM & BABY. Semoga postingan ini memberikan informasi berguna buat anda sebelum memutuskan untuk membeli printer idaman.