Cara Mengetahui Jika Anda Mengalami Depresi Pasca Melahirkan

Setelah ini kamu bakal tahu cara mengetahui jika anda mengalami depresi pasca melahirkan

Ketika Anda membawa pulang bayi yang baru lahir dari rumah sakit, mungkin Anda merasa emosi atau bisa saja merasa cemas atau sedikit sedih. Jika perasaan sedih tidak hilang dalam beberapa minggu, mungkin Anda mengalami depresi pasca melahirkan.

Depresi setelah melahirkan adalah kondisi perasaan yang sangat mendalam. Penting untuk menghubungi dokter jika perasaan sedih atau cemas semakin buruk. Jika Anda mengalami hal-hal berikut, segera cari bantuan:

  1. Kesulitan menyelesaikan tugas di tempat kerja atau di rumah.
  2. Kehilangan minat untuk merawat bayi atau diri sendiri.
  3. Memikirkan untuk menyakiti bayi atau diri sendiri.
  4. Pikiran tentang menyakiti diri sendiri atau bayi menakutkan, tetapi kemungkinan besar Anda tidak akan melakukannya. Segera beritahu dokter tentang perasaan tersebut.

Dapatkan bantuan dari para profesional

Beberapa wanita mungkin merasa malu, bersalah, atau berdosa karena merasa depresi. Namun, merasa depresi tidak berarti Anda telah melakukan kesalahan. Banyak wanita mengalami depresi selama atau setelah melahirkan, jadi Anda tidak sendirian. Jangan menunggu untuk mencari bantuan. Depresi dapat mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan bayi Anda juga. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghubungi dokter, perawat, atau profesional medis yang Anda percayai.

Hal-hal lain yang bisa membantu:

Istirahat sebanyak mungkin. Tidurlah ketika bayi Anda tidur. Minta bantuan dari keluarga dan teman-teman untuk mengurus bayi dan pekerjaan rumah tangga.

Jangan mencoba melakukan terlalu banyak atau berusaha menjadi sempurna. Dan hindari membuat perubahan besar dalam hidup Anda saat ini.

Jangan menyembunyikan perasaan Anda. Bicarakan dengan pasangan, keluarga, dan teman-teman Anda. Atau bergabunglah dengan kelompok dukungan dan berbicara dengan ibu-ibu lainnya.

Sisihkan waktu untuk pergi keluar, bertemu teman, atau menghabiskan waktu sendirian dengan pasangan Anda.

Nah, demikianlah penjelasan singkat tentang Cara Mengetahui Jika Anda Mengalami Depresi Pasca Melahirkan yang bisa kami bagikan disini dan untuk informasi tentang kondisi ibu pasca melahirkan terbaru lainnya, Anda bisa mengunjungi halaman blogmomandbaby.com atau silakan ikuti Blog Mom and Baby agar dapat informasi terbaru dari kami.