Mungkin Kamu Belum Tahu, Ini Dia Tips Mengatasi Masuk Angin

Seorang pria sedang memegang hidung karena flu masuk angin

Hai, Sobat Mom and Baby! Mungkin di Indonesia penyakit masuk angin terkenal dan sering dialami oleh banyak orang. Gejalanya seperti badan meriang, agak panas, tenggorokan tidak enak, pilek, batuk, sakit kepala, pusing, dan perut kembung. Tapi sebenarnya, dari sisi medis, tidak ada istilah masuk angin. Gejala-gejala ini lebih tepat disebut common cold atau flu biasa. Penyebabnya adalah virus.

Gejala Masuk Angin

Saat mengalami gejala-gejala tersebut, kita sering mencari solusi tradisional seperti kerokan, minum ramuan, atau minyak pengusir angin. Meskipun boleh saja mencoba cara-cara tersebut, kita perlu ingat bahwa common cold disebabkan oleh virus, bukan oleh angin. Dan sebenarnya, penyakit ini bisa sembuh sendiri dalam beberapa minggu.

Berikut adalah beberapa gejala masuk angin yang biasanya dirasakan oleh orang yang mengalaminya:

  1. Tubuh terasa tidak nyaman atau tidak enak;
  2. Suhu tubuh naik dan turun atau merasa meriang;
  3. Merasakan nyeri pada otot dan sendi;
  4. Mengalami sakit kepala;
  5. Merasa lelah dan lesu;
  6. Hilangnya nafsu makan;
  7. Sering buang angin dan memiliki bau yang tidak sedap;
  8. Mengalami diare;
  9. Mengalami pegal-pegal pada tubuh.

Tips Mengatasi Masuk Angin

Jika kita ingin mempercepat penyembuhan, ada beberapa tips yang bisa kita coba. Pertama, istirahat yang cukup.

Jika tubuh kita lelah atau kurang tidur, maka sistem kekebalan tubuh akan menurun dan mudah terinfeksi virus.

Selanjutnya, kita bisa mengonsumsi suplemen seperti echinacea, vitamin C, garlic (bawang putih), zinc, dan apple cider vinegar. Suplemen ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu proses penyembuhan.

Tetapi ingat, jika gejala semakin parah atau tidak kunjung sembuh, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Semoga tips ini bermanfaat untuk kalian semua.

Nah, demikianlah penjelasan singkat tentang Tips Mengatasi Masuk Angin yang bisa kami bagikan disini dan untuk informasi tentang tips sehat terbaru lainnya, Anda bisa mengunjungi halaman blogmomandbaby.com atau silakan ikuti Blog Mom and Baby agar dapat informasi terbaru dari kami. Terima kasih dan semoga sehat selalu!