Cara Mendidik Anak Agar Bisa Membaca

Cara mendididik anak agar bisa membaca

Pendidikan anak sangatlah penting terutama bagi orangtua yang sedang mengininkan anaknya cepat bisa membaca. Ketika seorang ibu atau orangtua menginginkan anaknya bisa membaca, maka banyak cara yang harus dilakukan oleh setiap orangtua.

Nah, apakah ada cara yang mudah untuk mendidik anak agar cepat bisa membaca? Tentu. Pada artikel singkat ini, kami akan memberikan tips dan saran bagaimana cara mendidik anak agar bisa membaca. Yuk mari kita simak artikel ini.

Berikut Cara Mendidik Anak Agar Bisa Membaca

Salah satu yang bisa moms lakukan pada anak supaya anak bisa membaca adalah sebagai berikut.

Pertama, siapkan rencana. Rencana ini adalah salah satu tahap yang perlu dilakukan. Sebab jika tidak ada rencana yang optimal seperti ingin membuat anak bisa membaca tanpa diawali rencana bisa jadi nantinya tidak maksimal dalam mendidik anak.

Rencana atau disebut dengan planing, nah kira-kira anak mau dimulai darimana saat kita ingin mendidiknya. Alternatif yang saya sarankan addlah bisa dicoba sama moms, yaitu mulai dengan membeli buku-buku cerita anak.

Dengan membeli atau menyiapkan buku-buku, anak akan tertarik dengan apa yang dilihatnya. Oleh sebab itu, carilah buku yang full gambar dan colour. Hal ini anak akan lebih tertarik padda gambar ketimbah wacana atau kata kata yang ada didalam buku.

Lalu alternatif apa yang kita lakukan agar anak cepat bisa membaca. Yang perlu dilakukan adlah ibu harus dapat membacakan di waktu-waktu yang lenggang. Misalnya saja saat mau menjelang tidur, di waktu satu ini sangat tepat sekali untuk dibacakan buku cerita yang sudah di beli.

Kebiasaan yang satu ini tentu harus dilakukan secara terus menerus. Artinya tidak bisa kita hanya melakukan satu kali atau tidak menentu (kadang-kadang).

Dalam hal ini, kesimpulan dalam membacakan cerita pada anak. Anak akan tertarik dan bahkan akan hapal setiap buku yang dibacakan oleh orangtuanya. Dan yang perlu diingat oleh orangtua adalah jangan sekali-kali memaksakan anak agar cepat bisa membaca, hal ini tidak boleh dilakukan. Sebab jika dilakukan akan membuat anak berada pada zona tidak nyaman.

Jadi, intinya buat dulu nyaman hingga benar-nenar anak merasa senang dan nyaman serta menyukai buku-bukunya. Selain itu, buku juga berpengaruh besar dalam memfasilitasi anak agar cepat membaca.

Buku untuk anak juga perlu diperhatikan, artinya kita sebagai orangtua tidak asal membelikan buku bacaan.

Tis Membeli Buku Bacaan untuk Anak

Ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui dalam memilih buku untuk anak anda, yaitu sebagai berikut.

Pilihlah buku yang memiliki banyak gambar cerita, hal ini bukan berarti gambar nyata orang asli melainkan gambar kartun.

Selain memiliki gambar yang menunjang, juga harus memiliki colour yaitu berwarna. Tentu tidak menarik jika gambar yang ada dalam buku cerita semuanya tidak berwarna dan terlihat hitam-putih.

Series-series buku bacaan juga perlu diperhatikan sebelum membelikan buku anak. Hal ini bisanya buku yang memiliki series lebih lengkap dibandingkan dengan buku-buku yang tidak ada seriesnya.

Bunda jangan khawatir akan kesulitan mencari sumber buku bacaan. Karena sekarang ini sudah banyak diakses internet atau media toko online penyedia buku bacaaan untu anak.

Tatap semangat dalam mendidik anak, semoga apa yang diharapkan moms bisa tercapai dengan baik. Untuk informasi parenting atau pendidikan anak lainnya buisa moms kunjungi blogmomandbaby.com karena semua informasi yang berkaitan tentang anak ada didalamnya.