Kehamilan Minggu ke-39: Banyak Perubahan yang Mungkin Anda Belum Tahu

Di usia kehamilan minggu ke-39, ada banyak perubahan yang mungkin Anda perhatikan.

Apakah Anda siap untuk menyambut kelahiran bayi Anda? Jika belum, Anda perlu bersiap-siap karena Anda bisa masuk ke dalam proses persalinan kapan saja sekarang, saat Anda berada di minggu ke-39 kehamilan. Sebuah bayi yang lahir pada saat ini dianggap sudah cukup bulan, dan kemungkinan besar tidak akan ada masalah. Bayi Anda sudah cukup besar sekarang dan mungkin memiliki berat sekitar tujuh pon. Ini berarti bahwa ia mungkin sudah cukup sesak di dalam rahim Anda, yang berarti mungkin tidak terlalu banyak gerakan pada saat ini.

Kemungkinan besar, Anda akan merasa lebih tidak nyaman di minggu ke-39 kehamilan. Pusat gravitasi tubuh Anda telah bergeser, sehingga Anda mungkin merasa agak canggung dan seperti berjalan dengan langkah yang berat. Tidak diragukan lagi Anda merasa sangat besar juga, yang menambah perasaan ketidaknyamanan yang Anda alami. Bangun dari tempat tidur atau bahkan dari kursi benar-benar menjadi proses yang rumit ketika Anda berada pada tahap kehamilan ini. Meskipun Anda merasa sangat besar dan tidak nyaman, ingatlah bahwa akhir sudah dekat dan segera kehamilan Anda akan berakhir.

Di usia kehamilan minggu ke-39, ada banyak perubahan yang mungkin Anda perhatikan. Bukan hanya payudara Anda yang menjadi lebih besar dan penuh, tetapi sekarang mereka mungkin mulai menjadi sangat sensitif juga. Kemungkinan besar, pikiran untuk tidur sepanjang malam sudah lama hilang. Anda mungkin menyadari bahwa Anda harus pergi ke kamar mandi lebih sering karena tekanan pada kandung kemih, dan Anda mungkin juga mengalami kram kaki saat mencoba tidur. Beberapa wanita merasa lebih nyaman tidur di kursi bersandar daripada di tempat tidur pada titik ini.

Anda akan terus melihat bahwa kaki dan kaki Anda membengkak di minggu ke-39 kehamilan. Menyandarkan kaki dan kaki Anda dapat membantu mengurangi sedikit pembengkakan ini. Bahkan wajah dan jari-jari Anda mungkin sedikit membengkak juga, dan jika masalah ini menjadi terlalu parah, Anda akan ingin berkonsultasi dengan dokter Anda. Kontraksi persalinan palsu mungkin dimulai sekitar waktu ini juga. Kontraksi palsu biasanya mereda jika Anda mengubah posisi Anda, dan Anda masih bisa berbicara dan berjalan dengan cukup mudah saat mengalaminya.

Jika Anda mengalami persalinan sebenarnya, Anda akan menemukan bahwa Anda tidak dapat berbicara atau berjalan saat mengalami jenis kontraksi ini. Mereka juga agak berbeda dan cenderung dimulai di bagian atas rahim dan merambat keluar. Jika Anda benar-benar dalam persalinan, mengubah posisi Anda tidak akan membantu, dan Anda akan melihat bahwa rasa sakit dan kontraksi semakin buruk dari waktu ke waktu. Air ketuban Anda juga bisa pecah kapan saja sekarang, dan Anda mungkin hanya melihat sedikit cairan atau sekresi yang banyak. Ketika air ketuban Anda pecah, atau bahkan jika Anda hanya berpikir itu sudah pecah, pastikan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Baca juga: Kehamilan Minggu ke 40 Persiapan Menghadapi Tantangan dan Perubahan

Demikianlah artikel singkat mengenai kehamilan minggu ke 39 yang bisa kami bagikan disini, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat sahabat moms and baby. Baca juga artikel lainnya di blogmomandbaby.com

Posting Komentar untuk "Kehamilan Minggu ke-39: Banyak Perubahan yang Mungkin Anda Belum Tahu"