Beberapa Jenis Tanda Lahir pada Bayi

Beberapa Jenis Tanda Lahir pada Bayi - Setelah Moms melahirkan, mungkin kamu akan menjumpai hal-hal baru yang muncul pada diri anak/bayi. Dan akan merasa heran, respon kamu mungkin saja seperti mengucapkan kalimat berikut: apa ini, apa itu, dan kenapa seperti ini atau dengan pertanyaan di bawah.

Pada punggung bayi saya, ada bercak seperti tahi lalat besar berwarna merah. Apakah itu berbahaya?

Seagai jawabannya: Tanda yang ada pada punggung anak ibu tersebut sebenarnya adalah tanda lahir yang tidak berbahaya. Hampir setiap bayi yang lahir memiliki setidaknya satu tanda lahir, walaupun sekecil apapun. Umumnya, tanda lahir ini akan menghilang sendiri ketika anak mencapai usia 3 tahun. Meskipun demikian, beberapa tanda lahir bisa saja tetap ada dan bahkan berkembang. Mayoritas dari tanda lahir ini disebabkan oleh pembuluh darah halus di bawah kulit.

Nah, pada postingan kali ini saya akan berbagi mengenai beberapa jenis atau tipe tanda lahir yang biasanya muncul pada setiap bayi, walaupun ini tidak memungkinkan harus ada pada diri anak. Namun, setidaknya Moms tidak khawatir dengan keberadaan tanda lahir pada anak atau bayi Moms.

Berikut ini, beberapa jenis tanda lahir pada bayi yang diambil dari beberapa sumber terpercaya.

6 Jenis Tanda Lahir pada Bayi

Beberapa Jenis Tanda Lahir pada Bayi

Taanda lahir yang dimaksud adalah sebagai berikut.

1. Strawberry Marks

Tanda lahir ini pada awalnya hanya tampak seperti titik merah kecil yang tidak terlalu mencolok. Namun, tanda ini bisa membesar dalam beberapa bulan pertama kehidupan bayi. Tetapi, tak perlu khawatir! Biasanya, tanda ini akan menyusut dan hilang tanpa meninggalkan bekas pada tahun kedua.

2. Salmon Patches

Tanda yang sering disebut sebagai tanda bangau (stork’s marks) atau gigitan bangau (stork bites) biasanya muncul di sekitar kelopak mata atau belakang leher bayi. Tanda tidak teratur berwarna merah muda pada bayi cenderung menghilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan tanpa perlu perawatan khusus.

3. Spider Birthmarks (Naevi)

Tanda lahir ini muncul sebagai perluasan atau pelebaran dari pembuluh darah yang menyerupai jaring laba-laba. Umumnya, tanda ini akan hilang ketika si kecil berusia satu tahun.

4. Pigmented Naevi

Tanda berwarna kecokelatan ini bisa muncul di berbagai bagian tubuh si kecil. Biasanya, tanda ini memiliki warna agak pucat dan cenderung membesar seiring bertambahnya usia anak. Meskipun demikian, jarang sekali tanda ini menjadi sangat gelap.

5. Port Wine Stains

Tanda berwarna merah terang atau ungu ini umumnya disebabkan oleh pembuluh kapiler yang meluas di kulit. Meskipun tidak bisa hilang, tanda lahir seperti ini dapat diatasi dengan bantuan laser atau disamarkan dengan produk kecantikan.

6. Mongolian Spots

Tanda lahir ini umumnya dimiliki oleh bayi dengan warna kulit yang lebih gelap. Berbentuk spot berwarna kebiru-biruan, tanda ini sering terlihat di bagian belakang tubuh bayi.

Demikianlah postingan mengenai beberapa jenis tanda lahir pada bayi yang bisa kami bagikan. Semoga artikel singkat ini dapat memberikan informasi jelas buat para Bunda.