Skip to main content
Mom Baby

follow us

Mendidik Anak Agar Menjadi Bijak

Pada postingan artikel kali ini saya akan memberikan pengetahuan yang pernah terlintas dalam hati.

Menempatkan sesuatu pada tempatnya (adil) disebut juga bijak. Menurut kamus besar indonesia (KBI) bahwa kata bijak itu adalah pandai, mahir, atau manusia yang selalu menggunakan akal budinya.

Orangtua pasti menginginkan anaknya menjadi bijak. Bijak dalam melakukan tindakan dan dapat memutuskan sesuatu yang dihadapinya.

Berharap saja itu tidak cukup, maka dari itu agar anak menjadi bijak perlu dilatih. Bagaimana cara melatihnya? Simak selengkapnya di artkel ini.

Tahap pertama cara melatih anak menjadi bijak, yaitu dengan membawa anak ke tempat rekreasi, hal ini bertujuan agar anak mudah berkenalan dengan anak-anak lain yang sedang bermain di tempat tersebut.

Tahap kedua, Biarkan anak menentukan pilihannya sendiri bukan atas dorongan nafsu melainkan atas kemahirannya dalam menentukan sesuatu. Terkadang orangtua suka melarang semua kemauannya si anak tanpa ada alasan tertentu sehingga pada akhirnya anak tidak dapat memahami akan hal tersebut.

Oleh karena itu, kita harus dapat membimbing anak ketika anak berkeinginan sesuatu. Jika sesuatu itu tidak dibolehkan oleh kita, maka berikanlah alasan yang bijak kepada anak sehingga nanti anak akan memahaminya.

Semoga postingan artikel singkat ini dapat bermanfaat. Terima kasih

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar