Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

Penyebab Wanita Susah Hamil Anak Kedua

Penyebab Wanita Susah Hamil Anak Kedua dan Berikut Solusi Mengatasinya

Penyebab wanita susah hamil anak kedua - Untuk segera memiliki anak kedua itu tidak semudah yang kita bayangkan. Jika sekarang kita sedang melakukan program hamil anak kedua akan tetapi tidak juga positif hamil, mungkin saja ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan susah hamil anak kedua.

Nah, untuk cara mengatasinya harus disesuaikan dengan faktor penyebab itu sendiri tapi Bunda jangan khawatir karena Blog Mom and Baby akan memberikan solusi yang tepat untuk anda sehingga bunda dapat hamil lagi.

Masalah yang dihadapi orangtua yang ingin segera memiliki anak kedua namun juga tidak kunjung hamil bahkan sampai bertahun-tahun. Sebenarnya hal ini sudah menjadi umum dan bukan menjadi faktor kemungkinan tidak memiliki keturunan lagi.

Selagi kita masih berusaha untuk memiliki anak kedua. Apa salahnya untuk terus mencoba melakukan berbagaimacan cara dalam mengatasinya hingga memperoleh hasil yang diharapkan.

Berikut ini penyebab susah hamil anak kedua pada seorang ibu dan cara mengatasinya

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan susah hamil anak kedua yang dialami oleh seorang ibu. Berikut ini beberapa penyebab dan solusi utama cara mengatasinya.

1. Usia yang tidak memungkinkan

Faktor penyebab susah hamil anak kedua adalah usia yang tidak memungkinkan. Seperti seorang ibu berharap hamil kembali yang mana usianya melebihi 35 tahun ke atas sudah dipastikan 95% susah untuk hamil kembali.

Hal ini dikarenakan masa subur pada wanita menurun pada saat usianya mencapai 35 tahun. Biasanya ditandai dengan siklus haid tidak teratur, kadang haid terkadang tidak, bahkan sampai lama tidak haid sama sekali. Ini terjadi karena ovarium tidak lagi memproduksi ovum atau sel telur.

Jika saat ini usia anda belum mencapai 35 tahun, maka tidak ada salahnya untuk konsultasi ke dokter kandungan terdekat kenapa bunda tidak hamil juga.

Selan itu, penyakit yang diderita suami seperti obesitas, darah tinggi, dan penyakit lainnya yang diderita oleh suami. Ini juga dapat menjadi faktor utama susah hamil lagi pada seorang istri.

Disisi lain suami yang memiliki kebiasaan merokok, meminum minuman mengandung alkohol, stres, dan memiliki kebiasaan buruk lainnya juga dapat berakibat menurunnya kualitas sperma. Oleh karena itu jika anda ingin menjalani program hamil, maka kebiasaan buruk harus dihindari untuk beberapa waktu kedepan.

Kesimpulan dari poin yang pertama ini adalah usia yang tidak memungkinkan bukanlah menjadi patokan bahwa tidak akan hamil lagi. Karena dibalik itu semua solusi yang paling utama adalah berdo'a dan terus istiqamah atau berusaha sampai dengan dikaruniai seorang anak lagi.

2. Kelebihan berat badan

Suami atau istri yang memiliki berat badan berlebihan juga dapat dipastikan menjadi penyebab kedua susah hamil pada seorang ibu. Faktanya akan menghambat proses terjadinya pelepasan sel telur (ovum) dari indung telur (ovarium) pada seorang istri yang kelebihan berat badan.

Sedangakan pada suami yang memiliki berat badan berlebihan akan mengalami peningkatan kadar hormon estrogen sehingga dapat mempengaruhi jumlah produksi sperma.

Jika suami istri mengalami berat badan yang berlebihan, maka solusi yang paling tepat adalah melakukan diet bersama sebelum menjalani program hamil anak selanjutnya.

Kemudian lakukanlah aktivitas seperti olahraga secara rutin hingga sampai berat badan benar-benar ideal. Gantilah makanan pokok seperti nasi dari beras putih menjadi nasi dari beras merah untuk menunjang menurunkan berat badan berlebihan.

3. Pola hidup yang tidak sehat

Kebiasaan menjalani pola hidup yang tidak sehat juga dapat menjadi penyebab susah hamil pada seorang ibu. Faktanya kebiasaan seperti merokok, meminum minumang yang mengandung alkohol, tidak pernah olahraga bisa menjadi faktor utama susah hamil kembali pada Bunda.

Selain dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, menjalani pola hidup yang tidak sehat juga dapat mengurangi tingkat kesuburan pada wanita dan dapat menurunkan kualitas sperma pada seornag pria.

Oleh karena itu, hindarilah diri sendiri dan juga keluarga dari pola hidup yang tidak sehat. Maka dari itu, mulailah untuk menjalani pola hidup yang sehat seperti melakukan olahraga secara teratur, menjauhi minuman yang meralkohol, tidak merokok, menghindari asap rokok, dan kebiasaan buruk lainnya.

4. Menderita penyakit PCOS

PCOS atau Polycystic ovarian syndrome adalah penyakit yang dapat menyebabkan gangguan hormon pada seorang wanita. Mungkin saja penyakit tersebut dapat menjadi faktor penyebab susah hamil anak selanjutnya.

Penyaikt ini biasanya ditandai dengan haid yang tidak teratur. Jika Moms mengalami kondisi menstruasi yang tidak teratur segeralah untuk konsultasi ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Jadi, solusinya adalah lakukan konsultasi ke dokter kandungan jika bunda mengalami masa haid yang tidak teratur. Kalau hasilnya memang memiliki penyakit PCOS, dokter akan memberikan solusi untuk mengatasinya.

5. Makan tidak dikontrol

Makan tidak dikontrol juga salah satu kemungkinan yang menyebabkan susah hamil anak kedua. Seperti halnya menyukai makanan yang terlalu pedas tanpa mengontrol diri sehingga dapat mempengaruhi sistem pencernaan bunda juga mempengaruhi hormon kehamilan.

Solusi untuk poin yang ini adalah berusaha untuk menghindari makanan yang ekstrim seperti memakan makanan yang terlalu pedas, terlalu asam, terlalu asin, dan jenis makanan ekstrim lainnya.

6. Kurangnya waktu untuk berhubungan

Kurangnya waktu untuk melakukan hubungan bersama suami dapat menjadi penyebab susah hamil anak kedua. Hal ini bisa terjadi karena salah satu pasangan baik suami atau istri memiliki kesibukan diluar ruamah.

Seperti pekerjaan kantor yang terkadang membuat pasangan jarang ketemu dan kalupun ketemu hanya beberapa waktu saja. Karena sama-sama sibuk diluar rumah, maka akibatnya proses pembuahan pada sel telur pun semakin sulit untuk terjadi.

Salah satu cara agar hamil lagi, konsultasi ke dokter dan menjalani program hamil anak kedua sehingga nanti akan dibuatkan waktu yang tepat dilakukannya hubungan antara suami dan istri.

7. Siklus menstruasi yang tidak teratur

Siklus menstruasi yang tidak teratur juga dapat menjadi faktor penyebab susahnya hamil anak kedua. Hal ini wajar karena hormon pada wanita pasti mengalami penyesuaian diri yang mengakibatkan siklua haid yang tidak teratur.

Solusi yang bisa Bunda coba adalah mencari tahu kapan terjadinya masa subur setelah selesainya haid sesuai dengan sistem kaidah cek kalender. Setelah menemukan barulah untuk hubungan bersama pasangan.

Demikian postingan artikel mengenai penyebab kenapawanita susah hamil anak kedua dan cara mengatasinya. Semoga postingan kali ini bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar