Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

Strategi Cara Membuat Blog Berkualitas untuk Pemula

Strategi Cara Membuat Blog Berkualitas - Membangun sebuah blog berkualitas itu memerlukan strategi yang matang. Sebagai seorang publisher tidak cukup hanya dengan membuat artikel saja, disisi lain harus memikirkan bagaimana strategi cara membuat blog berkualitas itu.

Artikel ini dikhususkan bagi mereka yang ingin menjadi seorang blogger sejak dari angka nol. Namun tidak menutup kemungkinan bagi Anda yang sudah senior mengetahui akan strategi cara membuat blog berkualitas yang akan saya bagikan pada artikel kali ini.

Kita perhatikan diluar sana banyak publisher yang belajar SEO hanya untuk mencari strategi cara membuat blog berkualitas sehingga kita kalah dengan publisher-publisher lainnya.

Berikut Strategi Cara Membuat Blog Berkualitas

Menurut saya pribadi ada 5 poin penting dalam membangun sebuah blog yang berkualitas, yaitu sebagai berikut.

1. Memiliki Akun Google Baru

Memiliki akun google baru merupakan langkah awal dalam membangun sebuah strategi cara membuat blog berkualitas. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penyesalan dikemudian hari. Disisi lain, kita juga tidak pernah tahu bahwa akun google yang lama itu bermasalah atau tidak.

Dengan akun google yang fresh membuat google memandang konten Anda yang sedang dibangun baik itu berupa artikel blog, konten video di youtube, ataupun konten-konten yang dibuat pada produk google lainnya.

Terkecuali jika memang benar-benar yakin bahwa akun google lama Anda tidak pernah bermasalah sebelumnya, maka Anda bisa fokus pada poin selanjutnya.

2. Fokus Pada Konten yang Sedang Dibangun

Fokus pada konten yang sedang dibuat merupakan strategi cara membuat blog berkualitas kedua yang perlu Anda perhatikan. Karena memulai dari nol bukan berarti semua konten harus dibuat oleh Anda.

Oleh karena itu, posisikan Anda pada bakat yang dimiliki, sebab hal ini dapat membantu dalam membuat konten yang disukai di mata google. Oleh karena itu, jika Anda suka berbagi dengan cara menulis, maka tuangkanlah pada sebuah blog.

Namun jika Anda suka membuat video YouTube, maka jangan sekali-kali memposisikan Anda untuk menulis disebuah artikel terkecuali jika Anda termasuk orang yang memiliki keahlian dari keduanya.

Berarti jika Anda memiliki keahlian lebih, maka harus memerlukan kekonsistenan dalam membuat konten YouTube dan Blogger untuk membangun karya Anda yang sedang dijalani baik berupa video ataupun artikel.

3. Memerlukan Biaya yang Cukup

Strategi ketiga yaitu memerlukan biaya yang cukup. Poin ini tidak berlaku jika Anda memulainya menjadi seorang Youtuber dan ini berhubungan dengan strategi cara membuat blog berkualitas pada poin terakhir.

Menjadi seorang blogger atau publisher memerlukan biaya, karena menurut saya hal ini bagian dari kebutuhan yang harus dipenuhi jika tidak mau tertinggal dengan publisher lainnya. Seperti mengubah domain .blogspot ke domain TLD, mengganti template blogger, dan lain-lain.

Perlu diingat bahwa persaingan di blogger juga tidak jauh berbeda dengan persaingan di Youtube saat ini. Oleh karena itu, kita harus mempunyai strategi yang mantap agar dapat bersaing dengan publisher lainnya.

Terlebih lagi jika Anda seorang publisher Wordpress tentu memerlukan modal yang besar dan plugin-plugin yang ditawarkan pun dapat membantu Anda untuk menunjang strategi cara membuat blog berkualitas.

Berbeda dengan blogger yang hanya memerluakan biaya tidak seperti Wordpress. Untuk membuat blog berkualitas, seorang blogger hanya membeli domain TLD dan Template Blogger Responsive tanpa mengharuskan membeli Hosting seperti Wordpress.

4. Mulai dengan Membuat Blog yang Bertema Niche

Membuat konten sesuai dengan tema niche sebelum mendaftarkan blog ke google Adsense merupakan bagian dari strategi cara membuat blog berkualitas bagi pemula. Maka dari itu, mulailah untuk membuat konten yang original dan niche.

Konten niche adalah konten yang fokus pada satu arah. Artinya semua isi postingan dalam blog bukan gado-gado (campuran). Jika Deskripsi blog tentang kesehatan, maka pastikan semua isi postingan itu membahas seputar kesehatan.

Selain itu, dengan membuat konten yang niche juga dapat mempercepat diapprove atau diterimanya oleh pihak team Adsense sehingga blog yang sedang dibangun sudah siap untuk menampilkan iklan google.

Perhatikan juga dalam membuat artikel berkualitas yang menggunakan kaidah SEO sehingga artikel Anda disukai oleh mesin pencarian google. Hal ini tentu menjadi strategi cara membuat blog berkualitas.

Baca Juga: Cara Menulis Artikel Berkualitas

5. Memiliki Satu Akun Adsense non-Hosted

Kita tahu google membolehkan kita untuk memiliki satu akun Adsense. Artinya jika Anda memiliki akun google lebih dari satu, tetap saja Anda diperbolehkan memiliki satu akun Adsense.

Memiliki satu akun adsense non-hosted merupakan tujuan yang paling utama. Karena dengan akun Ads Non-Hosted Anda dapat menautkan akun google lainnya menjadi satu kesatuan tanpa harus mendaftarkan lagi ke Adsense.

Oleh karena itu, kita harus mengetahui bagaimana strategi cara membuat blog berkualitas itu sehingga mendapat akun Adsense non-Hosted. Jalan satu-satunya untuk mendapatkan akun non-hosted itu dari blogger.

Jika Anda memulainya dari Youtub, maka akun yang didapat adalah akun Adsense hosted. Hal ini membuat Anda tidak bisa Add Site dan hal ini sangat rawan dibanned oleh pihak google.

Baca Juga: Tempat Download Tema Blogger Premuim

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar