Skip to main content
Mom Baby

follow us

Jangan Terlalu Sering Membiarkan Anak Bermain Game, Ini Dampak Buruknya

Jangan Terlalu Sering Membiarkan Anak Bermain Game - Membiarkan anak asyik bermain game sebenarnya tidak baik juga. Karena hal tersebut akan menurunkan rasa semangatnya dalam beraktivitas.

Terkadang orangtua merasa aman dan nyaman jika anaknya asyik bermain game kesukaannya.

Padahal secara tidak sadar perbuatan seperti itu sangatlah berdampak buruk bagi si anak.

Pernahkah anda mendengar berita mengenai anak-anak yang tercandu dengan game pada akhirnya mengalami kerusakan pada sarafnya.

Kalau pernah mendengar lalu kenapa anda membiarkan anak usia dini yang berusia 17 ke bawah diizinkan untuk memiliki smartphone untuk digunakan main game?

Berikut Dampak Buruk Jika Anda Sering Membiarkan Anak Bermain Game

1. Prestasi Belajar Menurun

Banyak dari anak-anak yang prestasi belajarnya menurun karena sudah candu pada game online di smartphone yang ia miliki.

Bahkan mereka yang tidak berprestasi pun bertambah down atau kurang semangat dalam menuntut ilmu.

Inilah akibatnya jika seorang anak dari sejak kecil sudah diizinkan oleh orangtuanya untuk memegang ponsel sendiri.

2. Suka Marah

Anak yang suka main game, ia cenderung suka marah dan bersifat brutal dibandingkan dengan teman lainnya yang tidak bermain game.

Terlebih lagi jika sampai berani marah kepada orangtuanya, sudah pasti membuat orangtuanya merasa tidak dihargai.

Disisi lain anda juga tentu tidak mau memiliki anak yang pemarah dan suka membangkang pada pada perintah orangtuanya.

Lalu kenapa anak bisa melakukan hal seperti itu? Karena ia tidak mau terganggu permainan gamenya yang sedang tanggung.

3. Membantah Perintah Orangtua

Sebagaimana yang sudah dikatakan sebelumnya, yaitu anak yang sudah tercandu pada game ia akan menjadi pembantah orangtuanya.

Sikap apa sih yang semestinya kita lakukan jika anak sudah tercandu pada game atau permainannya?

Orangtua harus dapat membimbingnya dan memberikan pengertian bahwa kegunaan dan adanya smartphone bukan semata-mata untuk bermain game tapi untuk mencari sumber ilmu pengetahuan.

Membimbing dan memberikan pengertian pun tidak cukup. Karena di luar sana terdapat teman-temannya yang memiliki ponsel. Jadi, anak perlu diawasi oleh anda dan tentu hal ini sangatlah tidak nyaman bagi seorang anak.

4. Butuh Waktu untuk Berhenti

Anak yang sudah tercandu game, ia akan merasa sulit untuk berhenti bermain game dan kalaupun bisa berhenti pasti memerlukan yang cukup lama.

Saya katakan jangan terlalu sering membiarkan atau memberikan peluang pada anak untuk bermain game.

Semua orangtua pasti merasa kasihan jika anaknya gigit jari dan memohon kepada orangtuanya untuk mencoba permainan barunya.

Tapi asalkan kita tahu terhadap dampak buruk nanti yang terjadi, kita pasti lebih protect kepada anak.

5. Malas

Dampak buruk selanjutnya adalah malas. Ya dari kebanyakan anak-anak yang sudah terlanjur suka main game ia akan malas belajar.

Dan justru ketika sedang menyelesaikan masalah cenderung mencari jalan praktis dan instan tanpa melalui pengetahuan yang ia miliki.

Oleh karena itu, kita sebbagai orangtua jangan terlalu sering membiarkan anak asyik bermain game terus-menerus.

6. Ketergantungan pada Game

Dampak buruk yang akan terjadi, jika kita sering membiarkan anak bermain game adalah anak akan mengalami candu atau ketergantungan.

Jangankan anak, kita saja yang biasa memegang ponsel juga akan mengalammi kejenuhan jika sehari dua hari tidak pegang.

Apalagi kalau permainan seperti game online, tentu tingkat kejenuhannya pun lebih besar.

Saya katakan bukan berarti anak-anak itu dilarang main game. Melainkan belum saatnya atau belum waktunya ia pegang ponsel.

7. Sulit Mengatur Pola Makan

Dampak buruk lainnya yang akan dialami seorang anak adalah susah mengatur pola makan yang dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

Pasalnya jika seorang anak sudah suka pada permainannya terutama yanng ada di ponselnya, maka dia akan mengalami kelupaan akan makan.

Sehingga orangtua mengalami kesulitan dalam memberikan makanan pada anaknya dan seorang ibu selalu berusaha anaknya tetap makan supaya kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

8. Mudah Sakit

Anak yang suka main gamebiasanya ia cenderung mudah sakit. karena ia terlalu disibukkan dengan permainan gamenya sehingga lupa akan kebutuhan nutrisinya.

Karena anak susah tidur, maka kemungkinan besar anak akan mengalami sakit mata yang disebabkan oleh kekontrasan pada mata.

Demikianlah artikel mengenai dampak buruk jika orangtua selalu sering membiarkan anaknya asyik bermain game.

Disinilah perlunya kita diwajibkan mengetahui kapan anak mulai bisa pegang ponsel atau handphone. Silakan simak selengkapnya dan jangan lupa untuk berbagi dengan yang lainnya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum MomBaby
Buka Komentar