Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

Manfaat Ngobrol dengan Bayi yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat Ngobrol dengan Bayi yang Wajib Anda Ketahui - Ketika bayi anda telah menginjak usia satu tahun dan juga belum bisa mengatakan sesuatu misalnya moms, Aa, Baa, dan kata-kata lainnya serta belum dapat merespon ketika dipanggil, maka Anda sebagai orangtua perlu khawatir.

Pada umumnya bayi yang berusia tiga bulan sudah dapat diajak interaksi dan dapat merespon. Misalnya, menangis dan tersenyum jika diberikan sebuah permainan ciluk baa.

Namun dari kebanyakan orangtua belum ada yang mengetahuinya akan pemberian stimulus ini sehingga seorang anak mengalami keterlambatan dalam merespon perkataan-perkataan yang berasal dari luar.

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi mengenai bagaimana cara mengajak bayi ngobrol supaya si bayi cepat dapat memahami semua perkataan yang diterimanya.

Namun sebelumnya kita ketahui terlebih dahulu akan manfaat dari mengajak bayi bicara dari sejak dini, yaitu sebagai berikut.

Manfaat dan Tips Ngobrol dengan Bayi

Beberapa Manfaat Ngobrol dengan Bayi

Ngobrol atau mengajak bicara dengan bayi merupakan salah satu stimulus yang dapat dilakukan oleh semua orangtua. Berikut ini beberapa manfaat daripada mengajak bayi mengobrol dari sejak dini.

Cepat dalam merespon panggilan orangtua, misalnya ketika si bayi disapa ia akan menoleh atau bisa melirik dengan mengisyaratkan pada pandanganya.

Mencerdaskan perkembangan bayi, tentu ini akan mempercepat perkembangan seorang anak dibandingkan bagi orangtua yang enggan mengajak ngobrol anaknya.

Mempercepat perkembangan psikomotornya, jadi anak akan cepat meniru apa yang dilakukan oleh orangtuanya.

Anak tidak akan mengalami speech delay pada usia 2 tahun sehingga anak tidak mengalami keterlambatan dalam berbicara.

Tips Mengajak Ngobrol dengan Bayi

Sebenarnya ngobrol dengan bayi merupakan salah satu cara untuk merangsang kecerdasannya. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagaimacam cara, yaitu sebagai berikut.

Berikan stimulus atau obrolan mulai sejak masa kandungan, biasanya di usia kandungan 8 bulan atau tepatnya trimester tiga janin sudah bisa merespon orangtuanya. Hal ini ditandai dengan adanya pergerakan di dalam perut ibu.

Yang paling penting adalah jangan biarkan anak diam sendiri tanpa diajak bicara walaupun tidak ada respon pada awalnya. Oleh karena itu terus tanya anak untuk merangsang dalam mengucapkan kata-kata atau bisa merespon dengan baik.

GUnakan kata-kata yang tidak terlalu panjang, misalnya dengan menanyai anak dengan kalimat sederhana, yaitu sedang apa nak, hey, dan sebutan lainnya.

Demikianlah sedikit tips yang bisa anda cobauntuk merangsang pertumbuhan kecerdasan anak berdasarkan manfaat ngobrol dengan bayi yang wajib anda ketahui. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar