Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

Cara Mengatasi Blog yang Loadingnya Minta Ampun

Cara Mengatasi Blog yang Loadingnya Minta Ampun - Seorang blogger pasti memiliki kemampuan menulis sebuah artikel dengan baik. Akan tetapi menulis saja tidaklah cukup artinya seorang blogger dituntut untuk bisa mengoptimalisasi blognya.

Pada umumnya tema blog yang dipakai oleh para blogger sering mengalami loading, hal ini terjadi karena tema yang digunakan tidak pernah dioptimalisasi. Perlunya pengoptimalisasian pada tema blog adalah untuk meningkatkan kinerja blog sehingga blog yang kita miliki tidak mengalami loading.

Tentunya hal ini akan berdampak buruk bagi visitor pengunjung blog anda dimata mesin pencarian google. Intinya jika blog anda yang dibangun memiliki kecepatan yang sangat baik, maka akan mendatangkan banyak visitor organik tanpa harus share artikel ke sosial media.

Terlebih lagi jika blog anda sudah menayangkan iklan dari google, tentu ini akan mempengaruhi kinerja loading blog anda dan kita tahu bahwa blog yang mengalami loadingnya minta ampun tidak begitu disukai oleh para visitor atau pengunjung.

Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan cara mengatasi blog yang mengalami loadingnya minta ampun dengan harapan blog sobat menjadi super cepat.

Berikut Cara Mengatasi Blog yang Loadingnya Minta Ampun

1. Membatasi Widget Tema Blog

Jika tema blog sobat terlalu banyak widget, tentu blog akan mengalami loading atau mempengaruhi kinerja kecepatan blog sobat. Oleh karena itu silakan sobat gunakan widget seperlunya saja, seperti postingan populer saja tanpa menambahkan widget lainnya.

Membatasi widget tema bertujuan untuk mempercepat loading halaman blog sobat. Jika perlu memasang kode iklan dengan kode javascript, maka gunakanlah iklan secukupnya atau sertakan iklan seperlunya saja.

Misalkan sobat hanya memasang iklan pada bagian homepage, bawah pstingan, dan pada sidebar sticky yang masing-masing satu script iklan. Nah, dengan cara menempatkan iklan tersebut dijamin blog sobat tidak akan mengalami loading lagi.

Baik, saya kita penjelasan pada poin yang pertama ini cukup jelas. Jadi, anda sebagai pemilik blog pastikan untuk membatasi iklan yang dipasang atau membatasi widget yang ada di tema blog, artinya anda cukup memasang widget yang diperlukan saja.

Kecuali jika anda memang tidak terlalu mementingkan kinerja blog supaya menjadi lebih cepat, baru boleh anda tidak perlu membatasi widget pada tema blog yang ada. Bisa tuh, anda memasang profile, archive blog, postinan populer, translate bahasa, dan widget lainnya yang semestinya tidak perlu di blog anda.

2. Fokus pada Artikel Blog

Selain membatasi widget yang ada didalam tema blog, seorang blogger juga harus mahir dalam memilih tema untuk tampilan blognya supaya terlihat unik, bagus, dan menarik perhatian yang membuat pengunjung betah berlama-lama di halaman blog anda.

Sebelum blog dibuat, maka tentukan terlebih dahulu tema yang terbaik. Tema terbaik itu tidak harus beli sebab banyak di google yang menshare tema premium tanpa harus mengeluarkan biaya atau jika anda termasuk orang yang menghargai karya orang lain, maka alangkah baiknya untuk memesan tema langsung pada pembuatnya sehingga anda dapat konsultasi jika ada masalah pada tema yang digunakan.

Setelah anda menentukan tema yang terbaik untuk blog yang akan dibuat, pastikan untuk terus fokus pada pembuatan artikel sebab biasanya kalau blogger pemula itu selalu disibukan dengan gonta-ganti template. Padahal seharusnya tidak perlu melakukan hal tersebut, karena bisa saja akan merubah struktur data pada blog.

Saya katakan bahwa blog yang sehat itu adalah blog yang tidak pernah gonta-ganti template, artinya sobat harus fokus pada artikel yang dibuat dan konsisten dalam mempublikasikan suatu konten berupa postingan yang sifatnya bermanfaat bagi pengunjung.

Pada cara yang kedua ini intinya sobat diminta untuk fokus membuat konten yang original bukan sibuk gonta-ganti tampilan blog sobat atau menghiasi blog dengan menambahkan kode CSS dan Javascript lainnya.

3. Optimasi Gambar Postingan

Setelah menentukan tema yang terbaik dan fokus pada pembuatan artikel yang original, selanjutnya anda sebagai publisher harus mahir dalam mengoptimalisasi gambar pada postingan atau artikel yang dibuat, artinya tidak asal upload gambar.

Karena kita tahu bahwa artikel yang banyak terdapat gambar ini menjadi salah satu konten yang unggul dimata mesin pencarian google, jadi lakukan optimasi pada semua gambar yang ada didalam postingan. Seperti mengubah ukuran gambar menjadi kecil, optimasi gambar menjadi webP, dan lain sebagainya.

Jika kita tidak terlalu memperhatikan gambar yang ada didalam postingan, yaitu tidak melakukan optimasi dengan cara yang benar atau asal upload dan yang penting didalam postingan ada gambar, maka siap-siap saja kalau dikemudian hari visitor atau pengunjung blog anda akan mengalami penurunan.

4. Sibuk Membuat Artikel Original

Pada poin yang keempat ini sebenarnya sudah saya bahas pada poin yang kedua, hanya saja pembahasan ini secara khusus dan lebih mendalam yang meminta anda untuk tetap fokus dan konsisten dalam membagikan postingan yang bermanfaat serta original.

Saya sampaikan ini karena sebagian besar dari seorang blogger terutama yang masih pemula adalah terlalu sibuk menggonta-ganti template blognya. Padahal yang mesti disibukan adalah membuat konten yang original bukan gonta-ganti tampilan blog.

Ingat sobat, semakin kita sibuk membuat konten, maka kita akan semakin profesional dalam membuat sebuah konten terbaik dan dipandang baik juga oleh google. Dan justru sebaliknya jika kita terlalu sibuk dengan gonta-ganti template atau sibuk memperindah tampilan blog sudah pasti postingan blog anda akan terbengkalai.

Oleh karena itu, tanamkanlah kekonsistenan pada diri anda mulai dari sekarang untuk fokus menulis membuat sebuah artikel. Saya yakin jika anda melakukan hal tersebut akan banyak mengalami perbedaan, yaitu dimulai dari kebiasaan merangkai dan menyusun kata-kata untuk membuat sebuah kalimat pada postingan blog yang anda buat.

Nah demikianlah artikel tentang bagaimana cara mengatasi blog yang loadingnya minta ampun dan mungkin sedikit tips dari saya untuk menjadi seorang publisher profesional. Terima kasih telah berkunjung di blog ini dan semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Juga: Cara Menulis Artikel SEO Friendly

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar