Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

Khasiat dan Manfaat Baby Spa untuk Anak Balita

Khasiat dan Manfaat Baby Spa untuk Anak Balita - Dari kebanyakan dokter anak yang ada menyarankan kepada orangtua untuk memaya anak balitanya ke tempat spa. Melakukan spa pada bayi sangatlah dianjurkan sekali, hal ini bukan masalah gaya-gayaan atau lain sebagainya melainkan melihat dari beberapa khasiat dan manfaat untuk anak balita itu sendiri.

Pada artikel postingan ini, akan sedikit dilansir mengenai beberapa khasiat dan manfaat baby spa, sudah tentu anda sebagai orangtua yang memiliki anak balita harus mengetahuinya akan manfaat dan khasiat dari baby spa. Memang terdapat perbedaan dalam hal pertumbuhan dan perkembangan anak balita yang rutin menjalani spa dibandingkan dengan anak balita yang hanya dirawat seperti pada umumnya.

Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat baby spa untuk anak balita

1. Meningkatkan nafsu makan

Masalah yang sering dikeluhkan oleh seorang ibu terhadap anaknya adalah susah makan, jika dibiarkan tentu akan berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan seorang anak. Untuk menghindarinya, anda bisa membawanya ke tempat khusus baby spa anak balita terdekat dan disana tentu anak anda akan diberikan pijatan yang dapat meningkatkan nafsu makan.

Faktanya anak balita yang tadinya kurang nafsu makan ini setelah dibawah ke tempat baby spa terdekat justru nafsu makannya malah meningkat, saya tidak tahu mungkin ini faktor dari pijatan atau bahan ramuan lain yang membuat anak jadi lahap makannya.

2. Meningkatkan kualitas respon anak

Khasiat dan manfaat lain dari baby spa ini adalah untuk meningkatkan kualitas daya tanggap anak balita, anak jadi ceria, berani beradaptasi, dan mudah bersosialisasi dengan teman barunya. Hal ini juga akan mendorong perkembangan motorik dan koordinasi tubuh seorang anak, sebab pada saat anak berada di permukaan air anak cenderung menggerakan tangan dan kakinya secara bebas.

Selain itu, ototnya juga akan terlatih dan menjadi kuat tentunya sehingga pada saat beraktivitas diluar rumah baik jalan dan lain-lain anak tidak akan mudah kecapean atau sampai mengalami drop.

Yang paling menarik dari khasiat baby spa itu sendiri adalah dapat mendorong perkembangan otak si kecil. Karena otak anak akan menghasilkan sel-sel baru pada saat berada di kolam atau bak kolam baby spa. Sebagian besar saraf otak anak akan banyak membentuk koneksi baru yang menerima rangsangan berupa pijatan lembut, terasa wangi dari minyak yang digunakan saat anak dipijat, dan juga air hangat yang dirasakan anak di bak kolam baby spa.

3. Meningkatkan kualitas tidur anak

Bermain sambil berendam di kolam air hangat, tentu akan membuat anak lebih rileks dan tenang dengan diberikan pijatan hasul pada anak terbukti berkhasiat unuk mengurangi rasa kegelisahan pada anak saat tidur dimalam hari.

Baik, ada cerita menarik mengenai hal ini. Anak saya sebelumnya kalau tidur itu suka malam dan jika diatur untuk tidur cenderung ingin bermain terus. Beberapa waktu kemudian secara tidak sengaja saya membuat kolam ikan di pinggir halaman rumah, saat itu memang belum diisi ikan dan baru diisi air saja. Terlihat oleh anak, ada kolam terisi air dan hasilnya dia pun bermain didalam air setelah lama bermain air dan bersih-bersih.

Kemudian anak saya ini mengajak tidur tidak seperti biasanya, anggapan saya sebagai orangutuanya tentu berpikir bahwa anak saya ini kecapean karena lama bermain di air. Ternyata saat saya selidiki dan cari tahu, ternyata ini faktor dari prinsip baby spa yang dapat membuat anak rileks dan tenang saat tidur dimalam hari. Asli sampai-sampai saya dan istri tertawa juga hampir tidak menyadarinya.

4. Menambahkan Gairah Makan

Mekanisme pencernaan bayi semakin lebih lancar, hingga nafsu makannya juga bertambah. Ini menjadi jalan keluar untuk bayi yang sulit makan.

5. Memperlancar Peredaran Darah Bayi

Pergerakan alami di dalam air bisa memberinya rasa santai dan anti depresi. Dampaknya juga sang kecil akan cerah dan semangat. Peredaran darah yang lancar bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung.

6. Menambah Kualitas Tanggapan Bayi

Dengan baby spa, maka bayi akan memberi respon positif pada benda yang dipandang dan sentuh. Motoriknya akan berkembang lebih cepat dan membuat semakin pintar. Karena itu, dia akan tumbuh jadi bayi cerah dan tidak gampang menangis.

7. Menambah Kualitas Tidur Bayi

Perawatan bayi ini akan menstimuli jaringan otot jadi lebih lentur dan kuat. Bayi akan terbebas dari kejang otot dan ngilu pada beberapa sendinya. Keadaan ini akan membuat tidur semakin nyenyak dan tidak gampang rewel.

8. Merilekskan Badan

Tidak cuman orang dewasa yang perlu tubuh santai, tetapi juga bayi. Dengan pijatan-pijatan halus, karena itu badannya akan keluarkan hormone endorfin dan oksitosin yang paling bermanfaat untuk badan santai dan nyaman.

9. Memperlancar Mekanisme Pernapasan Bayi

Baby Spa sanggup menolongmu membenahi mekanisme pernapasan bayi. Dia juga bisa bergerak secara nyaman. Perasaan takut pada air akan perlahan-lahan lenyap dan membuat renyut jantungnya lebih normal hingga napasnya berasa semakin teratur.

10. Membuat Bayi Aktif Bergerak

Bayi mu tidak terlampau aktif? Coba baby spa. Perawatan bayi ini dapat membuat sang kecil lebih aktif bergerak dan tingkatkan keyakinan diri untuk belajar jalan dan merayap.

11. Percepat Perkembangan Tulang

Pijatan saat pada tempat spa dan saat dia belajar mengapung di dalam air sanggup tingkatkan kepadatan tulang dan percepat perkembangan bayi. Ini karena baby spa latih tulang dan otot sang kecil supaya selalu sehat.

Baca Juga: Daftar Nama Baby Spa Anak

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar