Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

Apa Itu Morning Sickness? Berikut Gejala dan Pencegahannya

Morning sickness adalah peristiwa mual muntah yang sering terjadi pada ibu hamil selama kehamilan. Terlepas dari namanya bahwa kondisi seperti ini bisa menyerang kapan saja, baik di siang hari maupun di malam hari.

Pada trimester pertama, umumnya banyak ibu hamil mengalami kondisi morning sickness. Namun ada juga yang mengalami selama kehamilannya dan pengalaman dalam penanganannya pun dapat dilakukan berbagai macam cara, Misalnya dengan meminum air hangat, mengemil makanan, mengonsumsi jenis makanan manis, dan lain sebagainya.

Gejala atau Tanda-tanda

Pada umumnya gejala morning sickness ini ditandai dengan mual muntah pada ibu hamil di pagi hari atau malam hari, dan biasanya yang menjadi faktor pemicunya adalah menghirup bau tertentu seperti bau tak sedap, bau mulut, mengonsumsi makanan yang terlalu ekstrem juga menjadi penyebabnya.

Morning sickness sering terjadi selama trimester pertama dan biasanya dimulai sembilan minggu pertama masa kehamilan setelah terjadi pembuahan sel telur. Sebagian besar, gejala atau semua tanda morning sickness ini akan membaik pada pertengahan hingga akhir trimester kedua kehamilan seorang ibu.

Kapan Anda harus ke dokter?

Hubungi dokter spesialis kandungan terdekat, jika anda mengalami morning sickness atau tanda-tanda sebagai berikut.

  1. Kondisi mual muntah sangat berlebihan
  2. Dimana kondisi urin berwarna pekat dan volume yang dikeluarkannya pun juga sedikit
  3. Merasa pusing berlebihan saat anda berdiri
  4. Kontraksi jantung tidak normal atau berdebar-debar
  5. Nafsu makan menurun
  6. Tidak ada makanan dan minuman yang masuk
  7. Sakit perut dan keram berlebihan
  8. Badan terasa lemas dan serasa ingin pingsan
  9. Sering mengalami sakit kepala pada saat mengalami kondisi morning sickness

Pencegahan

Morning sickness bisa mempengaruhi ibu hamil kapan saja, Namun hal ini sangat mungkin sekali terjadi saat anda sedang dalam perjalanan yang mana jalannya berlika-liku sehingga kamu mengalami mabuk kendaraan. Dalam pencegahan morning sickness ini sampai sekarang sebenarnya belum ada cara yang pasti. Namun demikian, Anda bisa menghindari pemicunya.

Oleh karena itu, Anda harus menghindari aroma bau menyengat dan tidak sedap, menghindari kelelahan yang berlebihan, disarankan sekali saat mengalami morning sickness atau mual muntah untuk segera meminum air hangat (teh manis), mengemil makanan yang ringan, mengonsumsi minuman segar, mengonsumsi jenis buah-buahan segar, makanan pedas, dan lain sebagainya.

Langkah Menangani Morning Sickness

Merasakan morning sickness secara terus-terusan memang lumayan mengusik. Untunglah tanda-tanda muntah dan mual sepanjang hamil ini dapat ditangani dengan langkah-langkah simple, salah satunya:

1. Makan Sebelum dan Sesudah Bangun Tidur

Asam lambung yang bereaksi di perut kosong juga dapat mengakibatkan morning sickness pada ibu hamil. Oleh karena itu, sesudah bangun pada pagi hari, segera isi perut dengan makanan ringan seperti biskuit atau makanan kesukaan Bunda. Dan sebelum tidur, sebaiknya Bunda makan snack atau jenis makanan ringan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks dan protein tinggi.

2. Makan Lebih Sering dalam Jumlah Lebih Kecil

Kebiasaan makan yang kebanyakan dapat mengakibatkan sebenarnya dapat memicu terjadinya morning sickness. Bunda sebaiknya mengonsumsi sedikit makanan sepanjang masa kehamilan. Makan dalam jumlah lebih kecil dengan sering lebih bagus dibanding dengan makan dalam jumlah besar.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat yang tinggi karbohidrat dan protein kompleks menolong menangani muntah dan mual. Bunda seharusnya menghindari makanan yang berminyak atau fast food karena sukar diolah organ pencernaan dan juga dapat menyebabkan rasa mual.

4. Konsumsi Jahe atau Lemon

Minuman atau makanan yang mempunyai kandungan jahe dan lemon dapat mengurangi rasa mual pada ibu hamil. Oleh karena itu, Untuk menangani morning sickness, maka selalu persiapkan teh lemon, teh jahe, atau permen jahe. Jika mengalami mual, maka Bunda tidak perlu panik dalam mengatasinya.

5. Istirahat Cukup dan Menghindari Stress yang berlebihan

Kehamilan membawa banyak peralihan yang membuat badan lebih gampang terasa capek. Sebab itu, yakinkan Bunda selalu istirahat dengan cukup. cara seperti meditasi atau yoga juga dapat membantu menangani stres hingga dapat menangani mual.

6. Jauhi Penyebab Mual

Sesudah beberapa saat, Bunda umumnya bisa mengenal beberapa penyebab morning sickness atau peristiwa mual muntah yang dirasakan. Jika tiap konsumsi makanan tertentu Bunda selalu mual, seterusnya dapat menjauhi untuk mengkonsumsi makanan itu.

7. Tidak boleh Telat Makan

Rasa mual kemungkinan membuat Bunda malas atau telat makan. Tetapi ini malah akan membuat Bunda berasa makin mual. Karenanya, Bunda tetap harus makan meskipun dalam jumlah kecil hingga perut masih tetap terisi.

8. Vitamin B6

Vitamin B6 cukup efisien dalam mengurangi rasa mual muntah, Bunda dapat mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan vitamin B6. Disamping itu, Bunda bisa juga minta suplemen B6 pada dokter spesialis kandungan.

Morning sickness sebagai sisi yang harus Bunda lalui untuk menyambut kedatangan sang Kecil. Meski berat, perjuangan Bunda sepanjang kehamilan pasti sesuai dengan kelahiran buah kesayangan kelak. Selamat berusaha dan yakinkan kehamilan selalu sehat ya, Bun.

MUNGKIN KAMU SUKA ARTIKEL INI

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar