Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

Penyebab Morning Sickness pada Ibu Hamil

Morning sickness merupakan keadaan mual muntah yang dirasakan oleh ibu hamil dan biasanya terjadi pada usia kehamilan trimester pertama. Sebenarnya keadaan seperti ini normal dan biasanya rasa mual tersebut akan hilang sesudah memasuki masa kehamilan trimester kedua.

Umumnya kondisi morning sickness yang dialami oleh bumil ini merupakan salah satu keadaan normal yang biasa terjadi pada awal masa kehamilan, karena itu tidak ada cara penanganan khusus buat mengatasinya. Namun, gejala atau tanda-tandanya bisa Anda kenali sebagai berikut.

  • mual
  • serasa ingin muntah banyak
  • lemas
  • sakit kepala atau pusing
  • nafsu makan menurun

Penyebab Morning Sickness

Pemicu keadaan ini ialah kondisi dimana meningkatnya hormon HCG pada wanita hamil. Anda tidak perlu khawatir, karena Situasi morning sickness ini dianggap normal dan banyak dokter obgyn yang meyakini kalau situasi ini sebagai tanda-tanda baik pada masa kehamilan.

Selain itu, mencium aroma atau bau yang terlalu menyengat juga menjadi faktor penyebab terjadinya mual muntah pada seorang ibu yang sedang hamil. Berdasarkan dari data rata-rata yang konsultasi pada dokter kandungan bahwa kebanyakan bumil mengalami keluhan seperti mual muntah ini berawal dari menghirup atau mencium bau yang terlalu menyengat.

Selanjutnya mengonsumsi makanan yang berminyak secara berlebihan, ternyata kebiasaan kita memakan gorengan atau jenis makanan bernyinyak juga menjadi salah satu penyebab morning sickness ini bisa terjadi pada ibu hamil.

Penanganan Jika Mengalami Morning Sickness

Penanganan ini dapat dilakukan saat anda mengalami mual dan rasa ingin muntah, Dan penanganannya cukup dengan menghindari hal-hal yang menjadi pemicunya. Seperti jika kebiasaan anda memakan gorengan atau makanan yang berminyak, maka segera untuk ditinggalkan atau mengurangi dalam jumlah porsi tertentu.

Selain itu, makanlah makanan yang sekiranya dapat menyegarkan badan. Makanan tersebut bisa anda dapatkan dengan membeli atau membuatnya dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah. Ingat, mengonsumsi camilan juga menjadi hal yang mesti dilakukan saat Anda mengalami kondisi morning sickness. Tidak dipungkiri, karena kebiasaan mengemil ini sangat membantu dalam menangani ibu hamil saat mual muntah terjadi.

Pencegahan Morning Sickness

Untuk melakukan pencegahan agar tidak mengalami mual muntah saat hamil itu sebenarnya gampang sekali, Yaitu Anda hanya perlu menghindari penyebab-penyebabnya. Namun jika hal tersebut sudah terjadi, dimana moms mengalami kondisi morning sickness. Salah satu yang dapat dilakukan adalah mengemil makanan yang disukai.

Selain mengonsusmsi aneka jenis makanan camilan yang disukai, moms juga bisa memilih beragam makanan dan minuman yang dapat menyegarkan badan, misalnya meminum jus cenghar, makan buah-buahan segar seperti jeruk, apel, mangga, melon, dan buah segar lainnya yang dapat mengurangi rasa mual yang dialami oleh bunda.

Walaupun demikian, moms juga mesti tahu kapan saatnya pergi ke dokter untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan jika kondisi ini terus-menerus dialami oleh moms, Nah untuk itu jika bunda mengalami hal-hal seperti di bawah ini, maka alangkah baiknya segera konsultasikan segala keluhan yang dialami oleh moms.

Kapan waktu yang tepat untuk konsultasi ke dokter?

Jika selama penanganan atau pengobatan yang dilakukan tidak bisa mengurangi kondisi mual muntah yang sedang dialami bunda, maka sebaiknya bunda menemui dokter spesialis obgyn terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut. Selain itu, bila moms mengalami morning sickness yang berlebihan dan berdampak buruk pada tubuh, hal ini juga sama lebih baik segera untuk diperiksa.

Demikianlah postingan artikel mengenai penyebab terjadinya morning sickness pada seorang wanita yang sedang hamil. Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan tinggalkan pesan di kolom komentar yang ada di bawah postingan. Terakhir, Semoga saja artikel singkat ini dapat memberikan banyak manfaat.

MUNGKIN KAMU SUKA ARTIKEL INI

Newest PostNewest Post
Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar