Teks Nadzom Aqoidul Iman Bahasa Sunda Sifat Baqa

Teks Nadzom Aqoidul Iman Bahasa Sunda Sifat Baqa

Teks Nadzom Aqoidul Iman Bahasa Sunda Sifat Baqa - Nadoman aqoidul iman bahasa sunda merujuk pada kitab aqoidul iman bahasa sunda atau kitab tijan darori karya syikh Ibrahim al-Bajuri. Teks nadzom aqoidul iman bahasa sunda itu sendiri disusun oleh Syikhuna al-Mukarom KH. Adung Badruddin Purwakarta yang dibuat dalam bentuk teks berbahasa arab sunda.

Baca juga: Aqoidul Iman Sunda Sifat Qidam

Teks nadzom aqoidul iman bahasa sunda ini tentu sangat membantu bagi seorang guru dalam menyampaikan ilmu tauhid kepada muridnya. Selain itu nadoman ini juga sebagai pelengkap dalam memperkenalkan ilmu tauhid kepada seluruh ummat tentang sifat kepangeranan atau ketuhanan.


Terlebih lagi jika teks nadoman aqoidul iman bahasa sunda ini dibacakan oleh santri Madrasah. Anak-anak pasti tidak akan merasa jenuh dikarenakan proses pembelajarannya dengan cara menadomkan teks aqoidul iman dalam mengkaji atau mempelajari ilmu tauhid.

Semoga dengan teks nadzoman aqoidul iman bahasa sunda ini Allah subhanahu wata'ala ridha, disisi lain semoga dapat bermanfaat dan menjadi ladang amal ibadah sampai dunia akhirat terutama bagi penulis, pengamal, dan para pengunjung blog Islam Center sekalian.

Berikut Ini Penjelasan Singkat dan Teks Nadzom Aqoidul Iman Bahasa Sunda Sifat Baqa

Penjelasan Aqoidul Iman Sifat Baqa

Sifat Baqa ini merupakan sifat ketiga setelah sifat qidam. Selain itu, sifat ini juga tergolong kedalam bagian sifat salabiyah artinya sifat yang menolak segala sesuatu yang tidak layak bagi Allah subhanahu wata'ala.

Didalam kitab aqoidul iman bahasa sunda atau kitab tijan itu sendiri disebutkan bahwa wajib di hak Allah ta'ala sifat Baqa yang artinya Kekal. Perlu diingat bahwa kata wajib disini bukan berarti kita mewajibkan Allah harus Baqa melainkan kita sebagai hamba-Nya harus dapat meyakini dengan keimanan yang mantap bahwa Allah subhanahu wata'ala itu bersifat Baqa, yaitu Kekal atau Abadi dan mustahil Dia dikatakan fana (binasa).

Berbeda dengan makhluk-Nya yang bersifat fana. Oleh karena itu, semua makhluk ciptaannya baik yang ada di bumi maupun di langit beserta seluruh isinya bersifat fana dan pasti akan binasa.

Maka kita dapat mengambil kesimpulan bahwa jika kita tidak meyakini sifat Baqa-Nya, sesungguhnya kita telah berbuat dzolim pada diri sendiri. Maka dari itu kita wajib meyakini bahwa Allah subhanahu wata'ala memiliki sifat Baqa (Kekal atau Abadi dan Mustahil bagi-Nya fana).

Dengan mengamalkan bacaan nadzom aqoidul iman bahasa sunda karya abah cipulus ini bagian dari bentuk mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wata'ala sehingga kita selalu dalam lindungan-Nya.

Lawan dari sifat Baqa adalah fana, artinya binasa atau tidak abadi dan itu mustahil bagi Allah subhanahu wata'ala. Karena kita tahu bahwa semua ciptaan-Nya itu bersifat fana dan pasti akan binasa.

Dalil bahwa Allah subhanahu wata'ala Baqa adalah jika Allah fana (binasa) pasti huduts (adanya diawali dengan tidak ada terlebih dahulu) artinya sama halnya dengan makhluk-Nya sedang demikian mustahil atau tidak mungkin bagi Allah subhanahu wata'ala.

Waliyullah (orang yang ma'rifatullah) atau seseorang yang telah ditakdirkan menjadi wali-Nya, dia akan merasakan bahwa semua yang ada di langit dan bumi beserta isinya tidak ada yang memiliki sifat Baqa selain Allah subhanahu wata'ala.

Nah, demikianlah penjelasan singkat mengenai sifat wajib bagi Allah nomor ketiga, yaitu sifat baqa.

Teks Nadzom Aqoidul Iman Bahasa Sunda Sifat Baqa

Di bawah ini adalah gambar dari teks aqoidul iman bahasa sunda untuk sifat baqa. Hal ini bertujuan untuk mempermudah sobat dalam mempelajari dan memahami sifat wajib bagi Allah yang ketiga.

Berikut ini teks nadzom aqoidul iman bahasa sunda sifat wajib Baqa Allah subhanahu wataala dan untuk lirik lagamnya silakan kunjungi channel youtube Islam Center yang ada di icon menu sosial yang terletak di bawah postingan ini.

Teks Nadzom Aqoidul Iman Bahasa Sunda Sifat Baqa

Karena gambar di atas merupakan bentuk teks nadzom aqoidul iman bahasa sunda yang bertulisan arab, maka di bawah ini penulis menuliskan kembali dalam bentuk tulisan latin sehingga para sobat tidak mengalami kesulitan dalam membacanya.

  • Tilu wajib baqaa, muhal Allah fanaa
  • Hartosnaa Allah langgeung, mustahil aya ruksaknaa
  • Ari nu jadi dalilnaa, kana waajibna sifat baqaa
  • Mun Allah teu baqaa, tangtu Allah ruksak
  • Lamun Allah ruksak, tangtu Allah anyar
  • Ari Allah anyar, eta geus tetep mustahil

Selain itu, sobat juga dapat mengkaji kembali dari kitab aqoidul iman bahasa sunda atau kitab aslinya untuk lebih dapat memahami arti perkata dari sifat baqa, maka penulis sudah membuatkan sebuah artikel terkait dengan hal tersebut.

Video Lirik Nadzom Aqoidul Iman Bahasa Sunda Sifat Baqa

Didalam postingan ini bukan hanya menjelaskan isi daripada kitab aqoidul iman bahasa sunda dan teks aqoidul iman bahasa sunda saja, melainkan penulis juga menyajikan berupa video lirik nadzom aqoidul iman bahasa sunda yang dapat diikuti dan diamalkan Anda dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini teks aqoidul iman bahasa sunda sifat baqa dan untuk lagamnya silakan kunjungi channel youtube Islam Center yang ada di icon menu sosial yang terletak di bawah postingan ini (jika video di bawah tidak bisa diputar).

lirik nadzom aqoidul iman bahasa sunda yang ada di dalam video mungkin tidak sebagus yang diharapkan, tapi setidaknya suara lirik lagamnya masih dapat terdengar dengan jelas dan sama percis dengan yang aslinya.

Kesimpulan

Kitab aqoidul iman bahasa sunda dibuat untuk para pembaca yang ingin mengamalkan teks aqoidul iman, karena aqoidul iman bahasa sunda ini jika diamalkan dalam kehidupan sehari-hari akan membuat hati tenang.

Selain itu, aqoidul iman bahasa sunda ini juga dapat diajarkan kepada anak-anak yang masih kecil, dan sebagai media pembelajaran ilmu tauhid dengan menggunakan metode nadoman aqoidul iman bahasa sunda.

Artikel ini dibuat dengan berbahasa sunda, yaitu sesuai dengan judulnya aqoidul iman dalam bahasa sunda, yang merupakan nadhom sifat wajib bagi allah bahasa sunda sifat baqa.

Demikianlah postingan artikel tentang teks nadzom aqoidul iman bahasa sunda untuk sifat wajib baqa. Silakan sobat amalkan dalam kehidupan sehari-hari dan semoga dapat menjadi amal ibadah sobat yang insya Allah diterima disisi Allah subhanahu wata'ala.

Baca juga: Teks Nadzom Aqoidul Iman Sunda Sifat Mukhalafatu Lil Hawaditsi

Posting Komentar untuk "Teks Nadzom Aqoidul Iman Bahasa Sunda Sifat Baqa"