Doa Setelah Adzan: Menyegarkan Jiwa dan Pikiran

Adzan merupakan salah satu dari lima rukun dalam agama Islam yang diwajibkan bagi umat Muslim untuk dilaksanakan lima kali dalam sehari. Setelah adzan, seorang muslim dianjurkan untuk membaca doa tertentu untuk menambah keimanan dan ketakwaannya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan doa setelah adzan lengkap dengan latin dan artinya serta keutamaannya yang dianjurkan untuk dibaca setelah adzan.

Mengenai keistimewaan doa yang dibaca setelah adzan itu sendiri, yakni terdapat pada sebuah hadist Bukhari. Melalui Jabir bin Abdullah r.a., bahwasannya Rasulullah S.A.W., bersabda: Barang siapa ketika mendengar adzan lalu mengucapkan (membaca doa adzan), maka masuklah syafaatku baginya di hari kiamat.

Dari keterangan hadits itulah bahwa membaca doa setelah adzan merupakan salah satu kegiatan ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Untuk mengetahui lebih jelas, berikut ini adalah beberapa keistimewaan atau manfaat dari membaca doa sesudah adzan:

Keistimewaan Membaca Doa Adzan

  • Menyempurnakan ibadah
  • Merupakan salah satu cara untuk menyempurnakan ibadah kita setiap harinya, sehingga kita dapat merasa lebih dekat dengan Allah dan merasa lebih tenang.

  • Menghilangkan kebimbangan
  • Dapat membantu menghilangkan kebimbangan atau kekhawatiran kita, sehingga kita dapat merasa lebih tenang dan fokus dalam melakukan ibadah lainnya.

  • Menyegarkan jiwa dan pikiran
  • Bisa membantu menyegarkan jiwa dan pikiran kita, sehingga kita dapat merasa lebih segar dan siap menghadapi hari-hari yang akan datang.

  • Menambah kekuatan iman
  • Membaca doa setelah adzan secara rutin juga dapat membantu meningkatkan kekuatan iman kita, sehingga kita dapat lebih teguh dalam menghadapi cobaan dan tantangan hidup.

  • Menjadi lebih dekat dengan Allah
  • Merupakan salah satu cara untuk menjadi lebih dekat dengan Allah dan memperkuat ikatan kita dengan-Nya. Dengan membaca doa setelah adzan secara rutin, kita bisa merasa lebih dekat dengan Allah dan merasa lebih damai.

Harap diperhatikan bahwa keistimewaan atau manfaat dari membaca doa sesudah adzan ini tergantung pada cara kita membaca dan makna yang kita ambil dari doa tersebut. Sebagai umat Islam, kita diharapkan membaca doa setelah adzan dengan hati yang tulus, ikhlas, dan penuh kerendahan hati.

Setelah mendengar adzan, seorang muslim dianjurkan untuk melakukan tiga hal sesuai dengan sabda Rasulullah SAW,

إِذَا سَمِعْتُمُ الْمُؤَذِّنَ فَقُولُوا مِثْلَ مَا يَقُولُ ثُمَّ صَلُّوا عَلَىَّ فَإِنَّهُ مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا ثُمَّ سَلُوا اللَّهَ لِىَ الْوَسِيلَةَ فَإِنَّهَا مَنْزِلَةٌ فِى الْجَنَّةِ لاَ تَنْبَغِى إِلاَّ لِعَبْدٍ مِنْ عِبَادِ اللَّهِ وَأَرْجُو أَنْ أَكُونَ أَنَا هُوَ فَمَنْ سَأَلَ لِىَ الْوَسِيلَةَ حَلَّتْ لَهُ الشَّفَاعَةُ

Secara, jika kita memahami hadits tersebut bahwa setelah mendengar adzan, ucapkanlah seperti yang diucapkan muadzin. Kemudian berdoalah untuk Rasulullah dengan mengucapkan salawat, karena Rasulullah pernah bersabda bahwa siapa yang berdoa dengan salawat untuknya, Allah akan memberikan pahala 10 kali lipat.

Kemudian mintalah perlindungan atau pertolongan dari Allah untuk Rasulullah. Rasulullah berharap bahwa dia akan mendapat tempat di surga yang hanya diberikan kepada hamba Allah yang terpilih. Jika kamu berdoa untuk Rasulullah dengan cara ini, maka Rasulullah akan memberikan syafaatnya untukmu.

Doa Setelah Adzan

Berikut adalah doa setelah adzan, lengkap dengan tulisan latin dan artinya dalam bahasa Indonesia.

اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ اِنَكَ لاَ تُخْلِفُ اْلمِيْعَاد

Allaahumma robba haadzihid da’watit taammah, washsholaatil qoo-imah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal, ‘aaliyatar rofii’ah, wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtah, innaka laa tukhliful mii’aadz.

Artinya: Ya Allah, Tuhan pemilik panggilan yang sempurna (adzan) ini dan shalat (wajib) yang didirikan. Berilah al-wasilah (derajat di surga), dan al-fadhilah (keutamaan) kepada nabi Muhammad. Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati kedudukan terpuji yang Engkau janjikan.

Bacaan Lafadz Adzan

Berikut ini adalah teks atau bacaan dari adzan yang dapat anda baca saat menjelang waktu shalat.

Untuk adzan subuh, disunnahkan membaca asholatu khairum minannaum dan dibaca sebelum membaca dua takbir terakhir adzan.

Untuk lagam adzan itu sendiri ada banyak versi, silakan search di cannal youtube mengenai video lagam adzan Mekah oleh Syeikh Ali Ahmed bin Abdurrahman Mulla, yang mana lantunan suaranya menginspirasi banyak kaum muslimin.

Baca juga: Hikmah Mendoakan Orang Tua yang Sudah Meninggal

Itulah doa setelah adzan yang dianjurkan dibaca oleh umat Muslim setelah melakukan adzan. Dengan membaca doa ini secara rutin, diharapkan dapat menambah keimanan dan ketakwaan serta mendapatkan pahala dari Allah SWT. Semoga kita semua dapat membiasakan diri dalam membaca doa setelah adzan dan dapat meningkatkan kekhusyukan dalam beribadah kepada Allah SWT.

Selain itu, postingan tentang Doa Setelah Adzan: Menyegarkan Jiwa dan Pikiran ini semoga saja dapat bermanfaat dan tambah berkah. Jika artikel ini berguna dan memberikan informasi baik, silakan bagikan pada teman dan keluarga.