Fadillah dan Keutamaan Surah Yasin

Fadillah dan keutamaan membaca surat yasin mencakup universal mulai dari keutamaan, manfaat, dan waktu yang dianjurkan untuk membacanya. Banyak sekali keutamaan dan manfaat dari amalan membaca surat yasin yang biasa orang-orang membacanya di malam jumat. Bahkan ada juga yang membaca surat yasin ini pada saat berziarah kubur.


Islam mengenal mukjizat nabi Muhammad SAW yang paling besar adalah al-Quran. Quran adalah makhluk yang memiliki jantung sama seperti manusia pada umumnya. Jantung quran yaitu surat yasin, maka siapa saja yang membaca surat yasin insya Allah mendapat ridha dari-Nya.

Terlebih lagi kita akan mengetahui fadilah membaca surat yasin itu sendiri yang jika diamalkan akan membawa kebahagiaan di dunia dan akhirat kelak. Semoga kita istiqamah dalam mengamalkannya.

Berikut Fadillah dan Keutamaan Membaca Surat Yasin

Untuk mendapatkan keutamaan atau fadhilan dari membaca surat yasin, maka diharapkan pembaca harus memahami dengan pasti. Terkait keutamaan dan manfaat serta waktu yang dianjurkan untuk membaca surat yasin.

Keutamaan membaca surah yasin

Keutamaan membaca surat yasin tentu sangat banyak sekali, banyak keterangan-keterangan baik di hadits maupun di kitab para ulama. Mungkin kalau anda pernah membaca kitab tentang keutamaan surat yasin, tentu anda akan tahu akan keutamaan dari membaca surat yasin.

Keutamaan lainnya adalah Allah akan menolakan segala keburukan dan memenuhi segala hajatnya (kebutuhannya) bagi mereka yang membaca surat yasin karena Allah dibarengi dengan rasa ikhlas.

Kemudian Allah juga akan meringankan siksa seluruh ahli kubur pada waktu itu bagi siapa saja yang membaca surat yasin saat berziarah kubur.

Waktu membaca surah yasin

Waktu yang dianjurkan untuk membaca surat yasin tentu bermacam-macam, maka ada yang mengamalkannya setiap hari, setiap malam jumat, pada malam nisfu sya'ban, pada saat orang yang sedang sakit, dan juga pada saat ziarah kubur.

Waktu-waktu dalam membaca surat yasin tersebut memang diambil dari beberapa keterangan yang ada, mulai dari hadits hingga menurut para ulama-ulama yang terkemuka. Nah, kira-kira mana waktu yang memungkinkan anda dapat mengamalkan membaca surat yasin ini ? Tentu jawaban ada di anda sendiri.

Fadhilah membaca surah yasin

Berbicara mengenai fadhilah atau keutamaan dalam membaca surat yasin tentu banyak sekali, yaitu diantaranya sebagai berikut.

  • Membaca surat yasin setiap hari yang dilaksanakan pada malam hari karena Allah, maka dosanya akan diampuni.
  • Membaca surat yasin untuk orang yang akan meninggal dunia, maka dapat mempermudah keluarnya roh dari orang yang sedang sakaratul maut.
  • Allah subhanahu wataala akan memberikan kelancaran bagi mereka yang membaca surat yasin dimanapun dan kapanpun ia berada.
  • Allah akan mempermudah segala urusan hambanya jika ia membaca surat yasin karena Allah dan mengharap pertolongan kepada-Nya.
  • Jika membaca surat yasin sebanyak 3 kali pada malam nisfu syaban, maka ia akan memperoleh pahala yang cukup besar.
  • Siapa yang membaca surat yasin pada malam jumat, maka dipagi hari diampuni dosanya.
  • Allah akan mencatat pahala membaca al-Quran sepuluh kali bagi mereka yang membaca surat yasin.

Demikianlah artikel mengenai beberapa fadhilah membaca surat yasin. semoga artikel ini dapat memberikan banyak manfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog kami.

Berikut Video Pelengkap Penjelasan Fadillah dan Keutamaan Surah Yasin


Baca Juga: Fadhilah dan Keutamaan Membaca Ayat Kursi

Posting Komentar untuk "Fadillah dan Keutamaan Surah Yasin"