Fadhilah dan Keutamaan Membaca Ayat Kursi


Membaca ayat kursi merupakan salah satu kegiatan yang dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan kita sudah tahu kalau jantungnya Quran adalah surah yasin, maka yang menjadi induk dari semua ayat adalah ayat kursi, seandainya kita mendawamkan membaca ayat kursi setiap hari, insya Allah akan mendapatkan pahala terlebih lagi jika membaca ayat kursinya bersama keluarga.

Ayat kursi merupakan bagian dari ayat yang ada di dalam surah al baqarah ayat ke 255, dan Rasulullah shalallahu alaihi wassalama sendiri menjelaskan beberapa keutamaan dari membaca ayat kursi itu sendiri, antara lain sebagai ayat teragung di dalam Kitab Allah, induk dari semua ayat al Quran, dan masih banyak lagi.

Berikut Fadhilah Membaca Ayat Kursi

Berikut ini fadhilah atau keutamaan yang dapat diperoleh bagi mereka yang membaca ayat kursi dan atau mereka yang mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari, maka sebisa mungkin anda dapat mengamalkannya.

  1. Jika membaca ayat kursi dan dilanjutkan membaca tiga ayat pertama surat al mukmin di pagi hari, maka Allah akan menjaganya sampai sore hari, begitu juga sebaliknya.
  2. Jika membaca ayat kursi pada saat mau tidur, maka Allah akan menyertakan malaikat penjaga.
  3. Jika dibacakan pada setiap selesai shalat, maka pembacanya akan terjaga dari gangguan syaithan dan kejahatan manusia.
  4. Insya Allah bagi yang mengamalkannya mendapat kasih sayang dari Allah subhanahu wataala.
  5. Jika dibaca saat hendak perjalanan, maka Allah akan melindunginya dan serta menyelamatkan hingga sampai pada tempat tujuannya.

1. Akan Dijaga Sampai Sore Hari

Dengan membaca dan mengamalkan bacaan ayat kursi, maka Allah akan menjaganya dari segala bahaya dan fitnah yang ada di dunia, kita tahu bahwa di dunia ini yang mengatur adalah Allah subhanahu wataala.

Syaratnya adalah ia sebagai pembaca harus ikhlas ketika mengamalkanya, dan tidak ada rasa kepaksa serta diniatkan pada hal yang lain. Maka dari itu kita sebelum mengamalkan ayat kursi, maka perlu kita luruskan niat kita yaitu semata mengharapkan ridha dari-Nya.

2. Disertai Malaikat

Seseorang yang mengamalkan bacaan ayat kursi, maka Allah akan menyertainya atau menyuruh malaikat-Nya untuk selalu menjaganya dari hal-hal yang tidak diridhai oleh-Nya.

Hal ini bahwa jika kita sedang berada di dalam masalah, maka akan dimudahkan masalah tersebut atau jika kita akan melakukan maksiat, maka malaikat akan menjaganya agar tidak melakukan perbuatan maksiat.

Tentu amalan ini dapat dibacakan pada saat hendak tidur, dan cara mengamalkannya dengan penuh keikhlasan serta berharap agar dihindarkan dari berbagai macam bahaya di dunia.

3. Akan Dijaga dari Gangguan

Selanjutnya bagi siapa saja yang mengamalkan bacaan ayat kursi pada saat selesai shalat, maka ia akan diselamatkan dari berbagai macam gangguan dari godaan syaithan dan manusia jahat.

Bahkan ketika kita berada dalam perjalanan yang akan di tempuh oleh kita, misalkan tujuan kita. Maka disanalah kita akan dijaga oleh Allah subhanahu wataala dari segala gangguan-gangguan dari syathan dan manusia jahat.

Dan kita tahu bahwa tidak ada satu makhluk pun yang dapat memadaratkan kecuali atas izin dari Allah, sehingga jika Allah tidak mengizinkan makhluk yang akan berbuat jahat, maka itu tidak akan terjadi.

4. Mendapatkan Perhatian

Selain itu, orang yang mengamalkan bacaan ayat kursi ini, ia akan mendapatkan kasih sayang disisi-Nya. Siapa yang tidak mau coba, kalau Dia menyayangi kita, maka sudah dipastikan kita akan selamat di dunia dan akhirat.

Bukan hanya itu, perhatian pun akan dirasakan oleh seorang hamba yang beriman tatkala ia mengamalkan bacaan ayat kursi pada saat waktu selama hidupnya.

Bahkan jika ayat kursi ini dibaca pada saat hendak ingin dalam perjalanan, maka Allah akan menyampaikan seorang hamba tadi pada tujuannya dengan keadaan sehat dan selamat.

Berikut Video Pelengkap Mengenai Membaca Ayat Kursi dan Fadhilahnya

Demikianlah artikel singkat mengenai fadhilah membaca ayat kursi, dan sebenarnya masih banyak lagi. Terima kasih atas kunjungan anda di blog Islam Center ini, mohon maaf apabila ada kalimat yang salah. Karena saya sendiri baru belajar dalam memberikan ungkapan yang saya peroleh.

Baca Juga: Fadhilah dan Keutamaan Membaca Surah Yasin

Posting Komentar untuk "Fadhilah dan Keutamaan Membaca Ayat Kursi"