Hukum Bacaan Mim Sukun dalam Ilmu Tajwid, Berikut dengan Contohnya

Hukum Bacaan Mim Sukun dalam Ilmu Tajwid - Mim sukun adalah huruf Mim yang barisnya sukun ( مْ ) dan di dalam ilmu tajwid hukum bacaan Mim sukun ini dibagi menjadi tiga, yaitu ikhfa syafawi, idgham mutamatsilain, dan izhar syafawi.

Berikut Hukum Bacaan Mim Sukun dalam Ilmu Tajwid yang Perlu Diketahui

A. Ikhfa Syafawi

Huruf ikhfa syafawi ada satu, yaitu Ba ( ب ). Apabila Mim sukun ( مْ ) bertemu dengan huruf Ba, maka cara membacanya sama seperti huruf ikhfa pada pembahasan hukum bacaan nun sukun dan tanwin yang sudah dibahas pada postingan artikel lain.

Contoh hukum bacaan Mim sukun yang bertemu dengan huruf Ba adalah Amm bihi, Jika ditulis seperti gambar berikut. Untuk lebih memahami, silahkan amati baik-baik bagian huruf yang berwarna lainnya.

Sekarang kita perhatikan kalimah hukum bacaan ikhfa syafawi kedua yang ditunjukkan pada gambar di bawah, terlihat bahwa Mim sukun berjumpa dengan huruf Ba, cara membacanya harus disamarkan dengan dibaca: Inna rabbahumm bihim

B. Idgham Mutamatsilain

Hukum bacaan mim sukun dalam ilmu tajwid yang kedua adalah idgham mutamatsilain atau disebut juga idgham mimi. Idgham mutamatsilain (ادغم متماثلين) hurufnya ada satu, yaitu Mim ( م ). Untuk idgham mutamatsilain ini cara membacanya sama seperti bacaan idgham pada pembahasan pembagian hukum nun sukun dan tanwin.

Baca Juga: Hukum Bacaan Idgham Bighunnah dan Idgham Bilaghunnah

Namun pada hukum bacaan idgham mutamatsilain ini bukan termasuk bagian dari hukum bacaan nun sukun dan tanwin melainkan hukum bacaan mim sukun. Disebut idgham mutamatsilain jika Mim sukun ( مْ ) bertemu dengan huruf Mim yang berharokat. Sebagai contoh, perhatikan gambar yang ada di bawah ini.

Pada gambar di atas terlihat jelas bahwa Mim sukun ( مْ ) bertemu dengan huruf mim yang berharokat, cara membacanya harus dimasukkan pada huruf mim yang berharokat dengan cara dibaca: Aamanahum Min Khauuf.

C. Izhar Syafawi

Izhar syafawi bagian ketiga dari hukum bacaan Mim sukun dalam ilmu tajwid. Cara membaca izhar syafawi harus jelas seperti bacaan izhar pada hukum bacaan nun sukun dan tanwin.

Jumlah huruf izhar syafawi ada dua puluh enam, yaitu semua huruf hijaiyah kecuali Ba dan Mim. Disebut bacaan izhar syafawi jika pada bacaan ditemukan Mim sukun ( مْ ) yang bertemu dengan salah satu huruf hijaiyah selain Ba ( ب ) dan Mim ( م ) yang berharokat. Untuk lebih memahami, silahkan perhatikan contoh kalimah di bawah ini.

Setelah kita perhatikan kalimah yang ada pada gambar dapat disimpulkan bahwa Mim sukun ( مْ ) bertemu dengan salah satu huruf hijaiyah ( ج ) yang berharokat dibaca dengan cara: Lahum Jannaatun.

Baca Juga: Hukum Bacaan Izhar, Berikut dengan Contohnya

Demikian artikel tentang hukum bacaan mim sukun dalam ilmu tajwid dan semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat. Jika postingan ini dianggap bermanfaat, silakan share atau bookmarks pada mesin pencarian anda.

Posting Komentar untuk "Hukum Bacaan Mim Sukun dalam Ilmu Tajwid, Berikut dengan Contohnya"