Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

Kenapa Anak Saya Susah Makan? Ini Penyebabnya..!

Postingan kali ini saya akan mengulas keluhan orangtua mengenai anak yang susah makan, seperti apa yang disampaikan oleh dr. Sung pada channel video youtubenya.

Keluhan kenapa anak susah makan ini ternyata bukan hanya menjadi topik biasa, faktanya sampai mendunia. Artinya dimana-mana terjadi dan dialami oleh seorang anak.

Sebagai orangtua tentunya khawatir dong kalau anaknya susah makan, yakni takut tak terpenuhinya nutrisi dan jatuh sakit.

Terkadang orangtua juga sampai mengiming-iming agar anaknya mau makan, seperti dengan mengeluarkan kata-kata: "Ayo cepat makan, kalau tidak makan papa tidak mau main".

Sebenarnya anda tidak boleh mmeaksakan kehendak anada agar

Lalu bagaimana sih caranya supaya anak mau makan tanpa adanya iming-iming atau perlakuan sesuai kehendak kita?

Nah, pada postingan kali ini saya akan membagikan sedikit tips bagaimana cara mengatasi anak yang susah makan. Namun sebelumnya kita ketahui terlebih dahulu apa saja sih yang menjadi faktor penyebab utama anak tidak mau atau susah makan ini.

Ini Penyebabnya Kenapa Anak Anda Susah Makan

Anak sedang sakit

Anak susah makan bisa saja terjadi karena si anak sedang mengalami sakit demam, infeksi/radang, biasanya pada kondisi ini anak akan rewel atau tantrum.

Baik, setelah Moms mengetahui penyebabnya, tentu Moms akan menemukan cara atau solusi mengatasinya.

Selanjutnya, dalam kondisi seperti ini Anda harus membawanya ke dokter spesialis anak.

Anak bosan pada makanan

Ada masanya anak bosan memakan makanan yang sering dikonsumsi, misalnya saja anak selalu diberikan makan nasi dan telur setiap harinya.

Bayangkan menurut anda, jika posisi anda ada di anak yang diberikan menu itu itu saja. Tentu akan merasa bosan bukan?

Oleh karena itu, berikan aneka jenis makanan yang lainnya. Makanan yang memiliki gizi baik, sangat disarankan

Lihat juga: Kenali dan Awasi Jajanan Anak di Luar Rumah

Anak salah pola asuh

Anak yang salah pola asuh akan mudah susah makan, misalnya pembantu atau baby siter anda selalu memberikan makanan dan minuman yang membuat anak bosan.

Bagaimana tidak, siapapun jika diberikan susu atau satu jenis makaanan dalam waktu yang pnajang. Tentu ia akan merasakan bosan tidak mua makan lagi.

Sebagai alternative solusi mengatasi masalah ini, anda harus memberikan pengarahan pada babysiter untuk memberikan makanan yang beranekargam sehingga anak mau makan.

Selain itu juga kita sebagai orangtua, seharusnya tidak boleh menuruti keingnan anak untuk segera makan.

jika anda menginginkan anak memakan sayuran, maka jadilah peniruan yang baik untuk anak. seperti cara bicara, makan, minum, bersikap baik, dan lain-lain.

Oleh karena itu, jika Moms menginginkan anak makan sayur maka semestinya anda juga makan sayur bersama anak. Berikan contoh dan perlihatkan hal-hal baik didepan anak.

Saya percaya, bahwa sikap baik yang kita tunjukkan pada anak pasti akan diikuti dan dilakukan oleh si anak.

Pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan anak susah makan

Dok, ada tidak vitamin yang menambah napsu makan? Sebagai jawaban dari dokter Sung. Tidak ada makanan yang digantikan dengan sebuah vitamin.

Karena sebenarnya, kalaupun ada vitamin yang dapat menambah napsu makan itu hanyalah tambahan saja dan disisi lain agar gizi anak terpenuhi secara optimal.

Seperti halnya vitamin B KOMPLEKS, ini dapat membantu metabolusime sistem pencernaan anak.

Selain berharap anak mau makan secara lahap, maka perlu didampingi sebab dengan makan bersama akan membuat anak tambah semangat untuk makan.

Bagaimana Sekarang Sudah Tahu, Kenapa Anak Susah Makan?

Pada dasarnya anak akan merasa lapar dan mau makan jika ia memang benar-benar memerlukannya. Pada akhirnya juga mereka akan mengatakan dan meminta makan tanpa kita memberikan imingan-imingan.

Namun, tentu saja kita sebagai orangtua merasa khawatir jika anak gizina tidak terpenuhi.

Walaupun deminikan, kita sebagai orangtua harus pintar-pintar dalam membuat dan menyajikan makanan-makanan yang memiliki nilai gizi baik.

Itulah artikel mengenai kenapa anak saya susah makan berikut dengan solusinya. Semoga artikel singkat ini dapat memberikan banyak manfaat khususnya buat saya pribadi dan umumnya buat kalian yang sedang mencari informasi berupa bagaimana cara agar anak lahap makan.

Terakhir, harapan saya setelah baca postingan ini anak anda mau makan sendiri

You Might Also Like:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar