Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

Dalam bacaan niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga sebenarnya bisa langsung dengan maksud dalam hati bahwa anda akan memberikan zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga atau orang yang diberikan nafkah oleh anda. Namun akan lebih utama jika dilafalkan dalam bentuk bahasa arab dan arti.

Sedangkan memberikan zakat fitrah itu sendiri hukumnya wajib bagi kaum muslimin dan muslimat, zakat fitrah ini dilaksanakan selama bulan Ramadhan hari pertama hingga datangnya hari akhir bualan suci Ramadhan dan batasnya solat idul fitri.

Niat zakat fitrah
Niat zakat fitrah untuk sendiri dan keluarga

Barang atau sesuatu yang dizakatkan itu lebih utama menggunakan bahan makanan pokok, seperti kalau di Indonesia berarti melakukan zakat dengan memberikan beras sebanyak 2,5 kg untuk setiap jiwa.

Untuk zakat itu sendiri biasanya ada yang mengkolektifkan dalam pengumpulan dan pembagiannya. Orang tersebut sering dikenal dengan panitia pengumpul zakat fitrah. Serta untuk pembagiannya ada 8 asnaf termasuk salah satu diantaranya adalah orang miskin yang tidak memiliki pekerjaan tetap.

Manfaat dari zakat fitrah itu sendiri untuk membersihkan keburukan seseorang. Melihat manfaatnya tersebut sehingga mewajibkan untuk muslim melaksanakan zakat fitrah, anak yang baru lahirpun sebelum menjelang pelaksanaan shalat idul fitri wajib hukumnya dizakati oleh orangtuanya.

Berikut ini adalah bacaan niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga beserta dengan bacaan penerimanya dalam arti bahasa sunda. Kamu bisa membacakannya saat memberikan zakat.

Berikut Macam-macam Bacaan Niat Zakat Fitrah

Di bawah ini adalah beberapa bentuk lafadz bacaan niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diri sendiri maupun keluarga yang bisa kamu baca.

Niat zakat fitrah untuk diri sendiri

ﻧَﻮَﻳْﺖُ أَﻥْ أُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْسِيْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
Saya niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diri saya sendiri, wajib karena Allah ta'ala.

Niat zakat fitrah untuk Diri sendiri dan keluarga

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَنِّيْ ﻭَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ تَلْزَﻣُنِيْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
Saya niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku, Wajib karena Allah ta'ala.

Setelah membaca niat zakat fitrah selanjutnya bagi yang menerima dianjurkan untuk mendoakan si pemberi zakat, sehingga apa yang diberikannya mendapat berkah dan mendapat pahala dari Allah subhanahu wata'ala ata apa yang dizakatkannya.

Salah satu doa yang dicontohkan adalah sebagai berikut:

ﺁﺟَﺮَﻙ ﺍﻟﻠﻪُ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺍَﻋْﻄَﻴْﺖَ، ﻭَﺑَﺎﺭَﻙَ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺍَﺑْﻘَﻴْﺖَ ﻭَﺟَﻌَﻠَﻪُ ﻟَﻚَ ﻃَﻬُﻮْﺭًﺍ
Semoga Allah ta'ala memberikan pahala atas apa yang kamu berikan, dan semoga Allah memberikan berkah atas harta yang kamu simpan dan menjadikannya sebagai pembersih bagimu. Aamiin
Baca juga: Niat Puasa Wajib Bulan Ramadhan

Itulah Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga, semoga saja artikel ini memberikan informasi bermanfaat buat anda dan keluarga kerabat terdekat. Terima kasih