3 Waktu Tidak Boleh Memarahi Anak

Tidak Boleh Memarahi Anak

Hi sahabat Mom and Baby, pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi dan saran tentang bagaimana menjadi orang tua yang baik dalam mendidik seorang anak. Lebih jelasnya materi ini membahas seputar parenting, so jangan sampai tidak tahu ya moms.

Sebagai orang tua tentu mengalami ketidak nyamanan dalam mendidik anak, hal ini bisa dicerminkan berupa anak kena marah. Namun tahukah buda, bahwa tindakan ini bisa mempengaruhi sikap psikis anak?

Ya benar sekali, para psikolog mengatakan bahwa kondisi anak yang terus-menerus kena marah dari orang tuanya kelak mereka akan tumbuh dengan karakter yang jauh berbeda dengan anak yang tidak banyak dimarahi oleh orangtuanya.

Seperti kurangnya motivasi hidup, kurang semangat, anak suka mager, dan sikap hal negatif lainnya ini muncul tidak lain karena faktor pendidikan yang orang tua terapkan dalam rumah saat mendidik anaknya. So berikut ini tiga waktu yang tidak boleh memarahi anak berikut dengan solusi atau cara mengatasinya agar tidak berkelanjutan.

Waktu-waktu yang Tidak Boleh Memarahi Anak

Di bawah ini adalah tiga waktu dimana kita sebagai orang tua tidak boleh memarahinya berikut alasan dan solusi atau cara mengatasinya.

1. Menjelang tidur

Waktu menjelang tidur, kita sebagai orangtua tidak boleh membiarkan anak tertidur setelah memarahinya. Pastikan, anak dibaiki lagi jangan dimarahi terus hingga sampai datang waktu tidurnya.

Kenapa hal ini perlu dihindari, karena biasanya ketika anak kena marah itu bisa sampai terbawa pada mimpi dan bahkan mereka tidak akan tenang serta terus gelisah. Oleh karena itu, moms harus dapat memulihkan kembali anaknya dengan cara minta maaf dan lain sebagainya.

Jadi, hindari memarahi anak saat menjelang tidur. Karena melihat dampak yang akan diterima anak, bisa jadi nanti anak akan merasa tidak ada harganya di depan orangtuanya. Seharunya, sebelum tidur anak dalam kondisi menerima kasih sayang dari orangtuanya.

2. Tempat umum

Tiga waktu yang tidak boleh memarahi anak lainnya adalah saat di tempat umum, jangan memarahi anak di tempat umum ya moms karena mereka akan minder dilihatin oleh banyak orang terutama jika memang saat itu ada anak kecil lainnya.

Nah biasanya anak kecil di tempat-tempat umum itu banyak tingkah ya moms, hal ini bisa dibuktikannya dengan lari kesana kemari atau lempar-lempar batu dan lain-lain. Kita sebagai ibunya jagan sampai terbawa emosi sehingga anak mendapat marah dari kita.

Semestinya ibu harus dapat membawa diri dengan cara berusaha untuk tidak membentak atau memarahi anak bunda di tempat umum. Sebab jika dilakukan, makan akan membuat anak merasa malu dan minder serta lebih parahnya kelak dewasa dia akan memiliki rasa percaya diri yang kurang.

3. Saat membangunkan anak

Gambar anak sedang tidur

Saat anak kita sedang tidur kadang kita suka membangunkan anak dengan cara memaksa. Bukannya tidak ada, misalkan anak mager terus dan susah dibangunkan kemudian sama orang tuanya menyiramkan air pada anaknya.

Jika dilakukan, ini akan menyebabkan anak tidak nyaman dan ditambah anak akan membenci orang tuanya atas sikap yang dilakukan saat membangunkan anaknya dengan cara seperti itu.

Selain itu, anak akan tertekan dan menyimpan rasa tidak suka pada orang tuanya. Kelak mereka tidak akan peduli pada orang tuanya saat ibu atau bapaknya membutuhkan pelayanan di masa tua. Jadi, ini harus dihindari yaitu marah pada anak saat membangunkan dari tempat tidurnya ya moms.

Lalu bagaimana cara kita untuk membagunkannya? Agar anak tidak merasa dimarahi oleh kita. Tidak ada cara lain yang lebih efektif selain dengan berkata-kata, seperti "Nak ayo bangun dan ajak bermain dengan menciumnya". Tentu dengan sikap yang diberikan pada anak seperti tersebut, seorang anak akan merasakan kenyamanan dalam rumahnya.

Jika dengan cara tersebut tidak ampuh dan masih juga susah dibangunkan, maka kitaharus dapat menggendongnya ke pangkuan kita. Nah, perlu diingan moms intinya selama kita ingin membangunkan anak jangan sampai keluar kata-kata kasar atau dengan cara memarahinya hingga ia sampai terbangun.

Baca juga: Menumbuhkan Sikap Hormat dan Patuh pada Anak

Sebagai orangtua, kita harus memberikan pelayanan terbaik pada anaknya. Jika kita melakukan dan menghindari dari ketiga waktu berikut dengan solusinya tentu kita dapat membimbing anak dan membentuk sikap yang disiplin serta lebih baik daripada itu.

Nah, demikianlah postingan singkat mengenai tiga waktu tidak boleh memarahi anak. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi yang penting buat sahabat Moms and Babys. Terima kasih