30 Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 2 dan Penanganannya

30 Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 2 dan Penanganannya

Tanda bahaya kehamilan trimester 2 harus diwaspadai, karena tanda-tanda bahaya ini bisa nunjukin adanya komplikasi serius dalam kehamilan dan ini merupakan artikel lanjutan menganai tanda bahaya di trimester pertama.

Selain itu, kita tau bahwa di usia kehamilan trimester 2 ini si ibu udah bisa mulai merasakan tendangan si bayi. Nah, ini seru banget! Ibu hamil bisa ngerasain sentuhan si kecil dari dalam perut, dan kadang-kadang bisa berkomunikasi juga, misalnya pegang perutnya dan bilang, "Hai, bayiku!" Nah, disinilah bonding antara ibu dan bayi mulai terjalin lebih kuat.

Namun dalam pembahasan kali ini, seperti apa yang kita sampaikan di atas bahwa kita bakal fokus ngebahas tentang tanda bahaya kehamilan trimester 2 dan bagaimana cara penanganannya. Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 3 dan Penanganannya

Apa Itu Kehamilan Trimester 2?

Sebelum kita mengetahui tanda-tanda kehamilan trimester 2, baiknya kita cari dulu mengenai pengertian kehamilan trimester 2 sehingga kamu akan mengetahui pertanyaan dari apa itu kehamilan trimester 2. Nah, baik ....

Kehamilan trimester 2 itu sebutannya buat periode kehamilan di pertengahan, di sekitar bulan ke-4 sampe bulan ke-6. Biasanya di fase ini, si calon ibu udah mulai berasa lebih enak dibandingin trimester 1 yang lumayan rewel.

Jadi, di trimester 2 ini, biasanya si calon ibu udah lewatin masa mual-mual dan muntah-muntah yang biasa dialamin di trimester pertama. Nah, ini kayak fase legowo gitu deh. Energi dan nafsu makan biasanya juga udah balik normal, jadi si ibu lebih bersemangat dan bisa makan dengan lahap.

Singkatnya, trimester 2 itu fase kehamilan yang udah lebih nyaman daripada trimester pertama. Bayi udah mulai tumbuh pesat, ibu hamil udah bisa merasakan gerakan si kecil, dan bonding antara ibu dan bayi makin kuat. Tapi tetep perlu waspada akan tanda bahaya kehamilan trimester 2 yang mungkin saja bisa muncul kapan saja.

Tanda Tanda Kehamilan Trimester 2

Tanda kehamilan trimester 2 biasanya ditandai oleh beberapa perubahan dan tanda yang menunjukkan perkembangan yang baik. Salah satu tanda yang paling jelas adalah perut yang semakin membesar. Di fase ini, bayi mulai tumbuh pesat, sehingga perut ibu hamil akan terlihat lebih besar dan bulat. Banyak ibu hamil yang merasa senang melihat perut mereka semakin membesar karena itu menunjukkan bahwa bayi mereka berkembang dengan baik di dalam rahim.

Selain itu, di usia kehamilan trimester 2, ibu hamil juga akan mulai merasakan gerakan bayi yang terasa di dalam perut. Awalnya mungkin seperti sentuhan halus atau berdenyut kecil, tetapi seiring berjalannya waktu, gerakan bayi akan menjadi lebih kuat dan terasa jelas. Sensasi ini merupakan momen yang sangat istimewa bagi ibu hamil karena mereka bisa merasakan kehadiran bayi mereka secara langsung.

Banyak ibu hamil yang merasakan peningkatan energi di trimester kedua. Setelah melewati masa mual dan muntah yang umum terjadi di trimester pertama, ibu hamil seringkali merasa lebih baik dan memiliki energi yang lebih tinggi. Mereka bisa kembali melakukan aktivitas sehari-hari dengan semangat dan rasa nyaman yang lebih besar.

Selain itu, perubahan pada payudara juga menjadi tanda kehamilan trimester 2 yang umum. Payudara biasanya menjadi lebih besar dan mungkin terasa lebih sensitif. Hal ini adalah respons alami tubuh terhadap perubahan hormon dan persiapan untuk menyusui bayi setelah kelahiran.

Beberapa ibu hamil juga mengalami perubahan kulit selama usia kehamilan trimester 2. Garis-garis gelap yang disebut linea nigra mungkin muncul di perut, dan beberapa Bumil mengalami peningkatan pigmen pada wajah yang dikenal sebagai mask of pregnancy. Meskipun perubahan ini umum terjadi, setiap ibu hamil mungkin mengalami tingkat dan intensitas yang berbeda.

Tanda tanda kehamilan trimester 2 lainnya adalah gusi sensitif, kaki sering keram, pembengkakan ringan, pusing, dan masalah pada hidung.

Tanda Bahaya atau Gejala Kehamilan Trimester 2 dan Penanganannya

Sahabat blog MOms and Baby mungkin sudah tidak sabar dengan tanda-tanda bahaya di usia kehamilan trimester kedua. Untuk mengetahui tanda bahaya kehamilan trimester 2 dan penanganannya ini sangatlah penting untuk diketahui oleh bumil.

Sebab dengan mengetahui gejala kehamilan trimester 2, moma dapat mengatasinya dengan berbagai cara yang direkomendasikan oleh dokter. Dengan demikian diharapkan usia kehamilan bunda baik-baik saja sampai menjelang kelahiran si kecil.

Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 2

Berikut ini adalah tanda bahaya kehamilan trimester 2 yang perlu diketahui oleh sahabat Moms,

  • Gerakan janin berkurang
  • Keputihan yang tidak normal
  • Sakit kepala
  • Sering pingsan
  • Penglihatan tidak normal/ kabur
  • Perut kram
  • Kontraksi perut yang berlebihan
  • Kenaikan berat badan yang tidak wajar
  • Mengalami pembengkakan pada wajah, tangan, dan kaki
  • Pendarahan
  • Ketuban pecah

Nah, jika tanda bahaya kehamilan trimester 2 tersebut dialami oleh bunda, maka segeralah pergi ke klinik atau hubungi bidan/ Dokter spesialis kandungan sehingga dapat diatasi dengan mudah.

Penanganan Kehamilan Trimester 2

Setelah kita mengetahui gejala kehamilan trimester 2 berikut dengan tanda-tanda bahaya di atas, maka selanjutnya kita dapat melakukan beberapa cara sebagai bentuk dari penanganannya.

Dengan penanganan kehamilan trimester 2 ini, diharapkan bisa membantu para Moms yang mengalami tanda-tanda kehamilan yang sebelumnya dipaparkan di atas.

Berikut ini merupakan penanganan kehamilan trimester 2 yang dapat Moms lakukan baik di rumah ataupun dimana saja,

  1. Melakukan aktivitas yang ringan-ringan
  2. Istirahat cukup, terutama wanita yang baru lahir
  3. Mengataur pola hidup sehat
  4. Melakukan pola makan yang baik
  5. Menghindari makanan yang tidak mengandung gizi (junkfood)
  6. Tidak melakukan begadang
  7. Pemeriksaan usia kehamilan secara berkala
  8. Mempelajari tindakan-tindakan yang mesti dihindari selama kehamilannya

Itulah beberapa penanganan yang bisa Moms lakukan sebagai antisipasi selama usia kehamilan trimester 2 berlangsung. Namun, penanganan di atas tidak dijadikan sebagai patokan sebab adakalanya kita mencari referensi yang lebih akurat lagi. Misalnya dengan melakukan konsultasi bersama bidan atau dokter spesialis kandungan yang ada di tempat terdekat.

Baca juga: Manfaat dan Cara Menghitung Usia Kehamilan Manual Mudah

Sudah Lebih Tau Tentang Kehamilan Trimester 2?

Bagaimana Moms, sudah jelas dan sekarang tambah tau mengenai tanda bahaya kehamilan trimester 2 yang mungkin kebanyakan para ibu hamil belum mengetahuinya secara jelas.

Sebagaimana kita tahu bahwa di fase ini, bayi yang ada di dalam kandungan udah mulai tumbuh pesat. Artinya, sudah bisa terbentuk jantungnya, kaki dan tangannya sudah lengkap, serta organ-organ penting lainnya juga berkembang dengan baik. Jadi, kalo ibu hamil mau liat bayinya, bisa banget di ultrasound atau di USG. Keliatan lucu banget pastinya, sebab bisa melihat gerakan-gerakannya.

Namun, tentu saja ada tantangan di trimester 2 ini karena beberapa ibu hamil mungkin masih ngalamin gejala kayak kram perut, sakit punggung, atau mungkin kaki bengkak. Jadi, perlu tetep menjaga kesehatan dan rajin kontrol ke dokter biar semuanya tetap terawasi dengan baik.

Demikianlah postingan mengenai tanda bahaya kehamilan trimester 2 dan penanganannya yang bisa kami bagikan disini dan untuk informasi tentang topik kehamilan terbaru lainnya, Mom bisa mengunjungi halaman blogmomandbaby.com