Dibalik Mitos dan Fakta: Buah Belum Matang untuk Ibu Hamil!

Biasanya, buah ini masih muda. Bolehkah ibu hamil memakannya? Simak selengkapnya

Buah yang belum matang atau disebut juga buah mentah memiliki ciri khas rasa asam dan sedikit manis. Biasanya, buah ini masih muda atau belum sepenuhnya matang. Itulah mengapa rasanya agak asam dan kecut saat dimakan. Secara umum, buah mentah mengandung sedikit gula dan bersifat pati resisten saat dicerna.

Meskipun buah mentah seperti mangga muda, pepaya muda, atau pisang muda tidak memiliki nutrisi yang tinggi, namun mereka dapat mendukung kerja bakteri baik pada usus. Meski buah yang sudah matang lebih tinggi nutrisinya dibandingkan buah mentah, namun kandungan mineral di dalamnya tidak jauh berbeda. Contohnya, pisang muda memiliki kandungan kalium yang hampir sama dengan pisang matang.

Ingat Berisiko Memicu Kontraksi Rahim

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil terkait buah mentah. Misalnya, pepaya muda mengandung getah dan zat papain. Meskipun lezat jika dijadikan campuran rujak, getah pepaya mentah sebaiknya dihindari oleh ibu hamil karena berisiko memicu kontraksi rahim dan meningkatkan risiko kelahiran prematur.

Karena itulah, lebih baik bagi ibu hamil untuk menghindari makan buah mentah atau yang belum matang. Sebaiknya pilihlah buah-buahan yang sudah matang untuk memenuhi kecukupan nutrisi bagi ibu dan janin di dalam kandungan.

Dengan memilih buah yang matang, ibu hamil dapat lebih aman dan mendapatkan manfaat nutrisi yang optimal.

Baca juga: 15 Buah yang Dilarang untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Demikianlah postingan mengenai Dibalik Mitos dan Fakta: Buah Belum Matang untuk Ibu Hamil yang bisa kami bagikan disini dan untuk informasi tentang manfaat buah untuk program kehamilan terbaru lainnya, Anda bisa mengunjungi halaman blogmomandbaby.com