Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

15 Buah yang Dilarang untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Supaya kesehatan janin dan Bumil (Ibu Hamil) tetap tejaga dengan baik, maka diharapkan Bumil harus dapat mengonsumsi jenis buah yang bagus untuk ibu hamil selama kehamilannya. Namun apakah Mom tahu, ternyata ada beberapa buah yang dilarang untuk ibu hamil? Bahkan ada juga yang mengatakan, jika Bumil makan buah yang dilarang ini maka akan mempengaruhi kesehatan keduanya baik ibunya maupun janinnya dan yang lebih parahnya lagi bisa sampai mengalami keguguran.

Apakah perkataan itu hanya berupa opini saja atau memang benar fakta adanya? Untuk lebih jelas, silakan moms simak baik-baik artikel ini.

Sebelumnya kita memang telah menyadari bahwa apa yang dimakan ibu hamil itu dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak yang masih ada dalam kandungan. Oleh karena itu, salah satu usaha untuk mengoptimalkan perkembangan dan pertumbuhannya, maka mom harus bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan melalui beberapa cara.

Salah satu cara atau usaha yang perlu dilakukan oleh Moms adalah mencari informasi tentang jenis buah apa saja yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil. Berikut ini beberapa jenis buah yang dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil berikut dengan penjelasan lengkapnya,

15 Buah yang Dilarang untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Ternyata ada 15 buah yang perlu diingat oleh ibu hamil agar tidak dikonsumsi selama masa kehamilannya. Tahukah mom, apa saja buah tersebut?

1. Nanas

Nanas masuk kedalam kategori buah yang dilarang untuk ibu hamil. Kenapa demikian? Karena kandungan bromelain yang dimiliki buah satu ini dapat memicu terjadinya kontraksi rahim, sehingga persalinan dini bisa saja terjadi. Itulah sebabnya kenapa buah nanas ini menjadi buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil.

Mengonsumsi dalam jumlah wajar, justru buah nanas ini baik untuk ibu hamil. Sebab buah yang satu ini kaya akan vitamin C dan zat besi. Akan tetapi jika berlebihan dalam mengonsumsinya bisa mengakibatkan sakit perut, asam lambung naik, dan kontraksi pada perut.

2. Pepaya

Buah yang dilarang untuk ibu hamil selanjutnya adalah Pepaya, namun jenis pepaya apa yang tidak boleh dimakan? Yaitu, buah pepaya yang belum masak sempurna. Buah pepaya yang belum masak atau masih mentah umumnya mengandung papain dan lateks tinggi yang dapat memicu terjadinya kontraksi dini pada ibu hamil.

Berbeda dengan pepaya matang sempurna yang kulitnya berwarna oranye, justru baik untuk dikonsumsi ibu hamil sebab jenis pepaya matang memiliki banyak vitamin dan juga memiliki folat yang cukup. Dimana kita tahu bahwa kandungan tersebut nutrisinya sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

3. Durian

Durian juga termasuk buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil, sebab buah yang satu ini memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Jika Mom berlebihan dalam mengonsumsinya, dikhawatirkan janin mengalami kenaikan berat badan yang tidak normal sehingga nantinya moms mengalami kesulitan saat melahirkan. Itulah sebabnya kenapa buah ini masuk kedalam kategori buah yang dilarang untuk ibu hamil.

Ibu hamil yang mengidap penyakit diabetes, obesitas, dan berada di masa kehamilan fase trimester tiga sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi buah yang satu ini. Namun, jika mengonsumsinya dalam porsi wajar, justru tidak apa-apa sebab durian ini memiliki banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang berguna juga untuk ibu hamil. Jadi, perlu diingat jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi buah yang satu ini ya moms.

4. Asam jawa

Kenapa asam jawa masuk kedalam kategori buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil? Mungkin karena kandungan yang dimilikinya, vitamin C. Jika dikonsumsi secara berlebihan, produksi hormon progesteron akan terhambat. Sehingga memungkinkan terjadinya kerusakan sel pada janin dan dapat memicu terjadinya keguguran.

Jadi, aman-aman saja jika Mom makan asam jawa dalam jumlah sewajarnya asal jangan berlebihan. Karena bagaimanapun juga kalau berlebihan mengonsumsi buah yang satu ini tentu akan mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan janinnya.

5. Pisang

Bagi ibu hamil yang mempunyai riwayat medis penyakit diabetes sangat disarankan untuk makan buah yang satu ini selama berada pada masa kehamilannya. Buah pisang mengandung Chitinase, semacam lateks dan terdapay kandungan gula yang dianggap dapat membahayakan kondisi kesehatan ibu hamil yang memiliki riwayat Diabetes. Mungkin ini yang menjadi alasan kenapa buah ini masuk kedalam daftar buah yang dilarang untuk ibu hamil.

Namun, jika Moms tidak memiliki riwayat itu maka boleh-boleh saja mengonsumsinya karena buah yang satu ini sangat bagus buat ibu hamil dan yang perlu diingat adalah jangan sampai berlebihan.

6. Semangka

Meskipun buah ini memiliki kandungan air cukup banyak yang dapat mencegah terjadinya dehidrasi pada ibu hamil. Namun, buah semangka ini masuk kedalam buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil secara berlebihan. Hal ini dikarenakan sifat diuretik yang dimiliki buah semangka, yang bisa membuang nutrisi dalam tubuh ibu hamil.

Konsumsilah buah semangka dalam jumlah tidak terlalu banyak. Bila perlu, saat anda melakukan kontrol kehamilan secara rutin tanyakan pada dokter terkait buah yang satu ini.

7. Anggur

Kandungan resveratrol yang ada didalam Anggur ini menjadi alasan buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Faktanya, kandungan yang dimiliki buah yang satu ini dapat menyebabkan hormon ibu hamil tidak stabil.

Selain itu, anggur juga dapat meningkatkan temperature tubuh yang bisa membahayakan kondisi kesehatan ibu hamil dan anaknya yang masih dalam kandungan. Terlebih dari itu, jika mom tetap ingin mengonsumsinya, maka makanlah sewajarnya artinya jangan berlebihan.

8. Tomat

Buah yang suka dianggap sayuran ini sangat bagus untuk dikonsumsi ibu hamil. Namun, jika buah tomat ini ditemukan dalam kemasan kaleng alangkah baiknya untuk tidak dikonsumsi. Mungkin saja didalam kemasan kaleng terdapat campuran bahan pengawet yang pastinya berbahaya buat kesehatan Mom dan baby yang masih ada dalam kandungan.

Bukan hanya buah tomat, jenis buah lainnya pun yang dikemas dalam bentuk kalengan dan apapun itu buahnya lebih baik ibu hamil untuk tidak mengonsumsinya. Nah, inilah sebabnya kenapa buah yang dikemas dalam kaleng tidak boleh untuk dikonsumsi ibu hamil.

9. Kurma

Buah yang dilarang untuk program hamil adalah kurma. Sebelumnya kita tahu bahwa buah ini memiliki banyak vitamin dan nutrisi yang diperlukan ibu hamil, akan tetapi tidak berlebihan juga dalam mengonsumsinya.

Selain itu, kurma juga memiliki kandungan gula sangat tinggi yang berisiko bumil mengalami gula darah tinggi, berat badan naik signifikan, dan diabetes gestasional. Inilah sebabnya kenapa buah ini termasuk buah yang tidak boleh untuk ibu hamil.

Bagaimanapun juga, jika makan satu atau dua buah kurma setiap harinya masih dianggap aman. Namun jika memakannya dalam jumlah banyak, tentu tidak baik juga buat kesehatan anda dan janinnya.

10. Pare

Pare ini termasuk buah atau sayur ya Moms? Mungkin sebagian bersar menjawab sayur. Ternyata Pare ini termasuk jenis buah lho Mom. Isu punya isu, buah yang satu ini bisa memicu terjadinya kontraksi pada ibu hamil.

Walaupun demikian, belum ada kepastian bahwa pare ini dapat berisiko pada ibu hamil yang melahirkan anaknya tidak pada waktunya. Jadi, jika mom ingin memakannya saran kami agar tidak berlebihan dan makanlah dalam jumlah yang sewajarnya.

11. Nangka

Ibu hamil yeng memiliki riwayat medis penyakit diabetes sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi buah nangka, sebab buah ini dapat mempengaruhi kadar gula darah bumil. Inilah sebabnya kenapa Nangka termasuk buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil bagi yang mengidap penyakit diabetes.

Selain itu, mengonsumsi buah nagka dengan berlebihan juga dapat memicu meningkatnya asam lambung sehingga perut akan terasa panas dan tentu ini sangat tidak nyaman bagi anda yang sedang menjalani masa kehamilan.

12. Melon

Buah yang dilarang untuk ibu hamil lainnya adalah Melon, buah ini berisiko kelahiran prematur dan cacat lahir. Namun, jenis melon apakah yang membuat buah ini dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil? Buah melon yang tidak boleh untuk ibu hamil adalah melon merah dan jenis melon cantaloupe. Lalu kenapa melon jenis ini bisa sebabkan lahir prematur hingga cacat pada janin, karena kulit luar jenis melon ini sering tercemar oleh bakteri yang tidak baik.

Salah satu diantara bakteri yang ditemukan pada jenis melon ini adalah Rubella. Nah, inilah sebabnya kenapa jenis buah melon yang satu ini tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Jika mom sedang menjalani promil dan berkeinginan untuk makan jenis buah ini, lebih baik untuk tidak dikonsumsi.

13. Mangga Matang

Buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil selanjutnya yaitu Mangga matang, asal usul kenapa buah ini tidak boleh dimakan bumil. Dikarenakan memiliki kadar gula yang tinggi sama seperti buah Durian, yang dapat menyebabkan menigkatnya berat badan janin secara signifikan sehingga dikhawatirkan saat proses persalinan, Moms mengalami kesulitan.

Jelas, jika anda mempunyai riwayat diabetes tentu tidak disarankan untuk makan buah manga matang secara berlebihan. Nah, kembali lagi asalkan tidak berlebihan dalam mengonsumsinya maka jenis buah manga matang ini tentu aman-aman saja bagi kesehatan ibu hamil.

14. Kelapa

Buah kelapa sepertinya memiliki efek yang kurang baik untuk ibu hamil. Dipercaya buah yang satu ini dapat mempengaruhi stabilitas cairan ketuban saat anda sedang hamil. Inilah sebabnya kenapa buah ini masuk kedalam list daftar buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil.

Selain itu, air kelapa yang diminum ibu hamil juga bisa mempengaruhi kualitas cairan ketuban sehingga kesehatan janin dapat terganggu. Saran kami, selama moms menjalani program hamil lebih baik untuk tidak minum/mengonsumsi buah yang satu ini.

Walaupun banyak dikalangan dari orangtua awam yang memberikan iming-iming pada ibu hamil yang memang sampai sekarang belum ada kepastiannya, seperti kalau mau anaknya putih bersih sesering mungkin untuk meminum air kelapa berikut dengan isinya. Lebih baik untuk tidak mengonsumsinya.

15. Buah Persik

Sama halnya buah Nangka, jika dikonsumsi dengan porsi tidak wajar buah persik juga bisa menimbulkan rasa panas dalam tubuh ibu hamil yang berisiko mengalami pendarahan di dalam dan lebih parahnya bisa keguguran. Inilah sebabnya kenapa buah persik termasuk buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil.

Mengonsumsi buah ini dalam jumlah yang wajar, tentu buat ibu hamil aman-aman saja. Namun untuk lebih hati-hati, alangkah baiknya agar dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kandungan anda.

Selain beberapa jenis buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil seperti telah disebutkan di atas. Perlu diingat, bahwa Jus yang diperas ulang juga tidak boleh dikonsumsi. Apapun buahnya yang akan dijadikan minuman jus kalau proses pembuatannya diperas beberapa kali tentu tidak baik buat kesehatan ibu hamil.

Bukan hanya itu, Buah dan Sayuran yang tidak dicuci bersih juga tidak boleh dikonsumsi ibu hamil sebab sayur dan buah yang belum dicuci dikhawatirkan terdapat zat-zat sisa pestisida yang masih menempel. Tentu saja ini, berdampak buruk buat kesehatan ibu hamil dan anaknya yang masih ada dalam kandungan.

Baca Juga: 14 Manfaat dan Kandungan Terbaik Buah Naga untuk Ibu Hamil

Sudah Tau Buah Apa Saja yang Dilarang serta Fakta Dibaliknya?

Bagaimana moms, sekarang sudah tahukan buah apa saja yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil? Jika sudah tau tentu tidak ada lagi yang perlu dikhawatirkan.

Sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika makan salah satu buah yang sudah disampaikan di atas. Selagi tidak berlebihan dalam mengonsumsinya, maka itu semua baik-baik saja dan tidak akan berdampak buruk pada kesehatan ibu hamil.

Dengan adanya postingan ini, kami berharap agar ibu hamil lebih berhati-hati dalam memilih makanan termasuk jenis buah-buahan sebelum dikonsumsi. Apalagi jika anda akan menjalani program hamil, sudah jelas asupan gizinya perlu dijaga dengan cara tidak asal dalam memilih makanan.

You Might Also Like:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar