Optimasi Template Blogger OREO by IndraK

Optimasi Template Blogger OREO by IndraK

Template Blogger OREO - Siapa yang tidak kenal dengan Bang IndraK, ia seorang blogger juga yutuber di channel BLOG TIPS yang sering berkata "oh yeah baby" atau sesekali berkata pada pengikutnya dengan sebutan "blogger kampret". Hal ini lah yang membuat Bang Indra disukai banyak blogger, terutama blogger pemula dikarenakan gaya bicara yang berbeda dengan lainnya.

Namun, postingan artikel ini tidak akan membahas profil bang indra melainkan membahas bagaimana cara optiasi templatenya yang dikenal dengan sebutan OREO. Setelah ini, anda akan menemukan angka speed dan performa blog yang tidak mungkin dialami oleh template lainnya. Tentunya optimasi ini pernah saya lakukan dan sekarang saya akan berbagi tips bagaimana cara pengoptimalisasiannya.

Dibawah ini adalah tampilan gambar hasil pengujian speed artikel tema OREO dengan menggunakan tool Lighthouse. Bisa dilihat oleh anda sendiri bahwa angka yang ditunjukkan memang benar-benar sudah mentok ke angka 100, artinya ini tidak perlu dioptimalkan lagi dan yang perlu saya salukan adalah membuat konten yang diberikan perilaku yang sama.

Optimasi Template Blogger OREO by IndraK

Nah, itulah data hasil uji coba yang dilakukan dengan Bookmark Lighthouse atau measure-Lighthouse. Perlu diingat sahabat, pencobaan itu ketika DNS telah ditautkan ke Couldflare dan menggunakan app PWA Worker. Lebih jelasnya bisa cari mengenai hal ini.

Cara Optimasi Template Blogger OREO

Berikut ini adalah beberapa cara saya dalam mengoptimasi tema OREO bang indra sampai nilainya benar-benar mentok pada angka yang diharapkan, yaitu 100. APa saja sih yang saya lakukan untuk mengoptimasi tema ini, Yuk silakan simak baik-baik.

1. Hapus semua widget yang tidak diperlukan

BIasanya tema blog yang speednya kurang itu dipengaruhi oleh widget bawaan template, Maka silakan hapus bagian widget yang kiranya dapat mengurangi performan template blogger.

Tips buat anda yang ingin meningkatkan performan tema blog, silakan gunakan satu widget saja misalnya postingan populer atau selain itu. Jika anda menggunakan widget yang belebihan pada blog anda seperti profil, label, postingan populer, dan lain-lain. Maka dapat dipastikan blog kamu mengalami down speed.

Mungkin kamu suka: Download LinkMagz Blogger Template

2. GUnakan DNS Cloudflare

Ini berdasarkan pengalaman yang saya alami bahwa setelah mensetting DNS domain ke cloudflare banyak fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja sebuah website. Dan yang saya alami saat ini, speed blog tidak pernah dibawah angka 90, Justru saya pernah sampai mentok ke angka 100 dan ini tentu terlihat gila juga sangat aneh.

Nah, jadi bagi anda yang sudah membeli domain dan apapun itu jenis domainnya maka silakan bisa memindahkan DNS ke cloudflare dengan membuat akun terlebih dahulu dan ini tentu gratis alias tidak berbayar.

3. Mengaktifkan Fitur PWA

Untuk mengaktifkan PWA itu sendiri melalui worker-worker yang dibuat di Cloudflare. Nah, inilah yang dimaksud bahwa di cloadflare banyak fitur untuk meningkatkan tema blog baik kalangan pengguna yang Wordpress ataupun pengguna Blogger.

Belakangan ini banyak bloger-bloger yang membuat tutorial cara mengaktifkan PWA untuk tema non-AMP ataupun AMP. Apa sih dampaknya saat mengatifkan fitur ini, Nah kamu lihat kan gambar di atas. Itu adalah gambar hasil optimasi setelah mengaktifkan fitur PWA dan itu tidak dibuat-buat.

4. Ubah Format Gambar Menjadi WebP

Kamu tahu tidak bahwa format WebP pada gambar dapat mengingkatkan speed template loh. Kamu selain membuat postingan diharapkan mampu untuk mengubah gambar menjadi format gambar webP. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan kode khusus, itupun jika kamu ingin meningkatkan speed blog kamu. Nah, terkait hal ini banyak para blogger mengeluh terhadap performa blognya. Saya bisa tahu bahwa ini masalahnya pada gambar yang tidak dioptimasi oleh pemilik blognya.

Mas kodenya apa sih untuk mengubah tampilan webP, baik saya akan berbagi kode tersebut yang bisa diterapkan pada setiap postingan kamu akan tetapi tidak disini. Namun jika anda membutuhkannya sekarang, Silakan hubungi admin blog ini melalui laman kontak yang ada di blog.

Baca juga: Download Viomagz Blogger Template

Jasa Layanan Optimasi Blogger

Mungkin saja dibalik kesibukan yang dijalani oleh anda tidak memungkinkan untuk melakukan optimasi speed blog atau anda tidak ingin ribet mengoptimasi sendiri blog yang sedang dibangun. Barang kali anda suka dengan tawaran yang ada disini yaitu jasa optimasi blogger, silakan konfirmasi kami melalui kontak admin jika blog anda perlu dioptimalisasi.

Anda tidak perlu khawatir dengan adanya jasa optimasi yang kami tawarkan ini sepenuhnya team kami berusaha untuk meningkatkan speed atau kecepatan blog anda yang sedang dibangun.

Itulah artikel singkat mengenai Optimasi Template Blogger OREO yang bisa kami bagikan disini dan untuk informasi tentang tutorial tips blogger terbaru lainnya, kamu bisa mengunjungi halaman blogmomandbaby.com. Jangan lupa untuk share postingan ini agar lebih bermanfaat buat teman blogger lainnya.

Posting Komentar untuk "Optimasi Template Blogger OREO by IndraK"