Aqoidul Iman Sunda Sifat Qiyamuhu Binafsihi, Berikut dengan Liriknya

Aqoidul Iman Sunda Sifat Qiyamuhu Binafsihi, Berikut dengan Liriknya

Aqoidul Iman Sunda Sifat Qiyamuhu Binafsihi - Sifat Allah qiyamuhu binafsihi adalah sifat wajib Allah yang kelima ini tergolong kedalam sifat salbiyah, yaitu sifat yang meniadakan segala sesuatu yang tidak layak bagi Allah subhanahu wataala. Sifat ini merupakan materi lanjutan Aqoidul Iman Sunda Sifat Mukhalafatu Lil Hawaditsi yang sudah dipost sebelumnya.

Menurut keterangan yang ada didalam kitab tijan karya Syiek Ibrahim al-Bajuri, disebutkan bahwa makna sifat qiyamu binafsihi adalah Allah tidak butuh pada tempat dan juga pada yang menentukan.


Dapat dikatakan bahwa Allah swt bersifat qiyamuhu binafsihi artinya berdiri sendiri, tidak memerlukan tempat, juga tidak pada yang menentukan atau tanpa ada pertolongan dan bantuan dari siapapun.

Hal ini tentu berbeda dengan makhluk ciptaanNya, yaitu memerlukan tempat atau membutuhkan pertolongan dan bantuan. Seperti halnya memliki rasa butuh atau selalu berkebutuhan dalam memenuhi kehidupannya.

Setelah anda mengetahui arti qiyamuhu binafsihi, maka selanjutnya adalah lawan dari sifat Qiyamuhu Binafsihi itu sendiri, yaitu sifat Ihtiyaj Bighairihi, yang artinya butuh pada segala sesuatu. Termasuk membutuhkan pertolongan dan bantuan dari makluknya. Sedangkan sifat butuh itu adalah sifat makhluknya, maka mustahil jika Allah bersifat Ihtiyaj Bighairihi.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai aqoidul iman sunda sifat qiyamuhu binafsihi. Wallahu 'alam bishawab.

Berikut Kitab, Nadzom, dan Lirik Aqoidul Iman Sunda Sifat Qiyamuhu Binafsihi

Kitab Aqoidul Iman Bahasa Sunda

Di bawah ini adalah teks aqoidul iman bahasa sunda yang diambi dari kitab tijan ad-darori. Mohon maaf apabila aqoidul iman bahasa sunda ini tidak sesuai dengan lughotan aslinya.

ويجب فى حقه تعلى القيام بالنفس ومعناه أنه تعلى لايفتقر الى محل ولا إلى مخصص وضده الاحتياج الى المحل والمخصص والدليل على ذلك أنه لواحتاج الى محل لكان صفة وكونه صفة محل ولو احتاج الى مخصص لكان حادثا وكونه حادثا محل

Artinya: Jeung wajib, dina hak Alloh taala. naon, sifat qiyamu binafsi. Jeung ari makna sifat qiyamu binafsi, eta saenyana Alloh taala. Teu butuh Alloh kana tempat, jenung teu butuh Alloh kana anu nantukeun. Jeung ari lawan sifat Qiyamu binafsi, eta butuh kana tempat jeung kana anu nagtukeun. Jeung ari dalil kana sifat qiyamuhu binafsi, eta saenyana Allah, lamun butuh Alloh kana tempat, tangtu bukti Alloh, eta sifat. Jeung ari Alloh butuh kana tempat, eta mustahil. Jeung lamun butuh Alloh kana nantukeun, tangtu bukti Alloh anu anyar. Jeung ari Alloh anyar, eta mustahil.

Teks Nadzom Aqoidul Iman

Di bawah ini adalah teks nadzom aqoidul iman versi sunda dengan bertulisan bahasa arab sunda sesuai dengan aslinya. Teks nadhom sifat wajib bagi allah bahasa sunda ini diperoleh dari pesantren yang ada di daerah Purwakarta.

Nadzom aqoidul iman sunda ini pun bisa diajaran pada anak-anak anda dan juga untuk pendidikan anak dalam mengenalkan sifat-sifat wajib di Allah subhanahu wataala.

GambarTeks Nadzom Halaman 2

GambarTeks Nadzom Halaman 2

GambarTeks Nadzom Halaman 3

Berikut Lirik Aqoidul Iman Bahasa Sunda (Full untuk semua sifat)

Lirik lagam untuk aqoidul iman sunda sebenarnya tidak jauh berbeda dengan lagam lirik sifat lainnya. Hanya saja dalam teksnya berbeda, maka berikut ini adalah lirik aqoidul iman sunda yang dapat Anda sesuikan dengan teks nadzom sifat Qiyamu binafsi.

Demikianlah postingan artikel mengenai aqoidul iman sunda sifat qiyamuhu binafsihi, semoga dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog kami.

Baca juga: Aqoidul Iman Sunda Sifat Wahdaniyah, Berikut dengan Lirik Nadhomnya

Posting Komentar untuk "Aqoidul Iman Sunda Sifat Qiyamuhu Binafsihi, Berikut dengan Liriknya"