13 Manfaat dan Kandungan Terbaik Buah Naga untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Manfaat buah naga untuk ibu hamil sebenarnya sangat banyak bahkan sudah banyak yang mengetahui khasiatnya terutama dikalangan wanita yang sedang menjalani promil. Terlebih buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil, hal ini sangat wajar jika sebagian besar dokter spesialis kandungan menyarankan agar buah naga bisa dikonsumsi oleh wanita yang sedang menjalani program hamil.

Manfaat buah naga untuk ibu hamil ini memang sudah tidak diragukan lagi. Karena buah yang satu ini memiliki banyak kandungan vitamin dan muneral yang dapat memenuhi asupan gizi ibu hamil dan janinnya. Ingin lebih tahu lebih jauh tentang manfaat buah yang satu ini? Mari kita simak baik-baik artikelnya.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Naga?

Apakah boleh ibu hamil makan buah naga? Jelas boleh bun, sebab ada bayak khasiat buah naga untuk ibu hamil lho. Satu diantaranya adalah bisa membantu perkembangan dan pertumbuhan otak janin yang masih ada dalam kandungan.

Lalu apakah ada manfaat lain selain dapat membantu perkembangan otak janin? Jelas ada Mom. Nah, agar moms memperoleh pengetahuan baru akan manfaat dari buah ini berikut kami tuliskan beberapa manfaat buah naga untuk ibu hamil.

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa buah ini memiliki banyak manfaat buat ibu hamil atau wanita yang sedang menjalani program hamil. Baik, diantara manfaat buah naga itu sendiri adalah sebagai berikut.

Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang pertama adalah bisa memperkuat daya tahan tubuh. Umumnya, Ibu yang sedang hamil atau sedang menjalani program hamil itu gampang sakit dan sering mengalami keluhan-keluhan seperti sembelit, mual, pusing, dan lain sebagainya.

Nah agar tidak mengalami hal itu, maka Bumil harus dapat mengonsumsi buah naga setiap harinya dalam jumlah yang wajar. Itulah sebabnya kenapa buah ini sangat penting buat kesehatan ibu hamil dalam menjaga daya tahan tubuhnya maupun perkembangan anaknya yang masih ada dalam kandungan sehingga pertumbuhan janin tetap optimal.

Menurunkan Risiko Cacat Lahir

Khasiat buah naga untuk ibu hamil lainnya adalah dapat menurunkan risiko cacat lahir. Sistem saraf dapat berkembang baik dikarenakan kandungan yang ada dalam buah yang satu ini, yaitu memiliki kandungan vitamin B kompleks.

Inilah sebabnya kenapa buah naga ini dapat menjaga perkembangan saraf anak selama ada didalam kandungan ibunya. Jadi, jangan ragu lagi ya Moms untuk mengonsumsi buah yang satu ini. Karena sudah terbukti khasiatnya.

Mencegah Komplikasi Kehamilan

Selain dapat mengurangi risiko cacat lahir, buah naga ini juga dapat mencegah komplikasi kehamilan lho Moms. Komplikasi kehamilan ini disebut juga gangguan kesehatan yang sering terjadi dan dialami oleh ibu hamil selama masa kehamilannya.

Seperti diare, susah buang air besar, sembelit, dan lain-lain. Nah, dengan mengonsumsi buah naga kemungkinan besar Bunda tidak akan pernah mengalami hal tersebut, yaitu masalah atau bentuk gangguan kesehatan selama kehamilan.

Kandungan Terbaik Buah Naga untuk Ibu Hamil

Setelah moms mengetahui beberapa manfaat dari buah naga untuk ibu hamil, mungkin sebagian besar masih ada yang bertanya-tanya kenapa buah yang satu ini penting untuk seorang ibu yang sedang hamil. Alasan yang paling kuat adalah karena ada kandungan-kandungan terbaik yang ada di buah naga itu sendiri. Nah, apa saja sih kandungan yang ada di buah naga ini? Yuk, kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Vitamin C

Buah naga memiliki kandungan vitamin C yang cukup buat ibu hamil. Dengan vitamin C ini tentu dapat mempertahankan dan meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil, sehingga jika dikonsumsi secara rutin pastinya bumil tidak mudah sakit.

2. Asam Folat

Bukan hanya alpukat, ternyata buah naga juga memiliki asam folat lho moms. Walaupun jumlah asam folatnya tidak begitu bayak, namun sangat diperlukan oleh ibu hamil. Dengan kandungan asam folat ini tentu saja dapat mengurangi atau mencegah terjadinya cacat lahir.

3. Kalsium

Kandungan buah naga untuk ibu hamil lainnya adalah kalsium. Kita tahu bahwa selama masa kehamilan Bumil sangat memerlukan kalsium, nutrisi yang satu ini tentu dapat memperkuat tulang ibu maupun janin yang masih dalam kandungan.

4. Kaya Lemak Baik

Selain mengandung kalsium, buah naga juga memiliki kandungan lemak yang cukup baik lho Moms. Terutama bagi seorang ibu hamil, dimana selama kehamilannya perlu sekali lemak yang berasal dari jenis buah seperti buah naga ini. Lemak yang terkandung dalam buah naga ini tentu dapat memperlancar metabolisme ibu hamil, Gimana masih ragu mengonsumsi buah yang satu ini?

5. Vitamin B-kompleks

Vitamin B Kompleks yang ada di buah naga ini tentu dapat mencegah cacat lahir pada ibu hamil. Sehingga janin atau bayi akan sehat dan tidak mengalami cacat fisik saat dilahirkan, nah ini disebabkan adanya kandungan vitamin B-kompleks yang ada di buah naga.

6. Karbohidrat yang tinggi

Buah naga juga mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, dimana kita tahu bahwa kandungan yang satu ini dapat memulihkan atau memunculkan energi/kekuatan pada ibu hamil. Dengan kandungan tersebut ibu hamil dapat memungkinkan melakukan aktivitas hariannya.

7. Zat besi

Seperti halnya bayam, buah naga juga mengandung zat besi. Ibu hamil tentu membutuhkan nutrisi tersebut, sebab zat besi ini dapat meningkatkan kadar sel darah merah (hemoglobin). Hal ini juga dapat mengurangi atau menghindari terjadinya anemia pada ibu hamil.

8. Beta-karoten dan Likopen

Beta karoten dan likopen yang ada didalam kandungan buah naga dapat menangkal radikal bebas. Ibu hamil pastinya tidak akan mudah sakit, terutama jika berada di lingkungan keluarga yang sedang sakit flu dan kita tahu bahwa flu ini sifatnya menular melalui udara. Nah, dengan mengonsumsi buah naga kemungkinan besar ibu hamil tidak akan tertular.

9. Zat anti-karsinogenik

Selain mengandung beta katoten dan likopen, buah naga ini di dalamnya juga terkandung zat anti-karsinogenik. Kandungan yang satu ini dapat mencegah pertumbuhan tumor pada seorang ibu dan janinnya yang masih dalam kandungan.

10. Kaya Antioksidan

Sama seperti buah anggur, ternyata buah naga ini memiliki kandungan yang sama yaitu kaya antioksidan. Dengan adanya kandungan antioksidan pada buah naga ini, tentu dapat melindungi ibu hamil dari radikal bebas dan mengurangi risiko kelahiran bayi dengan berat badan rendah.

11. Fitokimia

Buah naga juga mengandung fitokimia, yang mana kandungan ini dapat menangkal semua jenis infeksi yang dialami ibu hail. Selain itu, kandungan fitokimia ini juga dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil.

12. Serat yang tiggi

Kandungan lainnya dari buah naga ini adalah memiliki serat yang tinggi. Terlebih kandungan serat ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, sebab apabila nutrisi serat terpenuhi dengan baik tentu dapat memperlancar sistem metabolismenya.

13. Gula alami

Kandungan buah naga untuk ibu hamil lainnya adalah terdapat gula alami, dimana kandungan yang satu ini dapat menstabilkan kadar gula dan tekanan darah. Apabila buah yang satu ini dikonsumsi berikut dengan menjalani pola hidup sehat seperti berolahraga ringan, tentu akan lebih baik lagi dan menurunkan risiko komplikasi kehamilan.

Baca Juga: 15 Buah yang Dilarang untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Sudah Paham Manfaat dan Kandungan Buah Naga untuk Ibu Hamil?

Bagaimana moms sudah paham dengan manfaat dan kandungan yang ada dalam buah naga ini, nah itulah beberapa manfaat buah naga untuk ibu hamil yang bisa kami bagikan dalam berbentuk tulisan.

Bolehkah ibu hamil makan buah naga? Jenis pertanyaan ini pastinya moms sudah menemukan jawabannya pada isi postingan ini. Karena jika membaca dari awal, tentu Bunda akan menjumpai beragam macam khasiat buah naga untuk ibu hamil.

Buah naga bisa dimakan langsung atau bisa dibuat sebuah minuman jus segar. Jangan khawatir, karena manfaat jus buah naga untuk ibu hamil ini tetap bagus dan nutrisinya tidak akan berkurang saat di blander atau dibuat sebuah munuman jus.

Posting Komentar untuk "13 Manfaat dan Kandungan Terbaik Buah Naga untuk Ibu Hamil"