Niat Puasa Ramadhan untuk Satu Bulan

Niat Puasa Ramadhan
Niat Puasa Ramadhan untuk Satu Bulan

Niat puasa merupakan salah satu rukun pertama yang harus dilakukan oleh seorang mukmin beriman sebelum melaksanakan puasa di siang hari. Artinya jika kamu tidak berniat, maka wajib hukumnya menahan diri di siang hari dan puasanya mesti diqadha di hari-hari lain.

Niat puasa ini hukumnya wajib dan dilakukan pada malam hari. Jadi, niat puasa wajib bulan Ramadhan perlu dianggap perhatian khusus agar tidak lupa dan menjadi orang yang rugi karena minimnya pengetahuan agama. terutama dibidang pan fiqh atau fikih ibadah.

Untuk waktunya itu sendiri adalah dari terbenamnya matahari hingga keluar fajar shadiq (jelas sebelum waktu subuh).

Lalu bagaimana jika lupa niat? Menurut berdasarkan keterangan yang ada didalam kitab Fathul Mu'in, terdapat dua. Pertama, jika ia lupanya karena niat. Misalnya, didalam hati atau pikiran saya berkata "tadi niat puasa sebelum fajar atau sesudah fajar yah", maka pada saat itu saya harus menahan diri dari hal yang membatalkan puasa disianghari dan mesti qodha di hari lain.

Yang keduanya adalah jika saya berpikir atau berkata dalam hati "tadi itu sudah keluar fajar atau belum yah", maka puasanya sah tanpa harus mengqadhanya di luar hari. Nah, demikianlah keterangan yang ada di kitab Fathul Mu'in Wallohu 'alam

Agar sahabat Moms and Baby dapat menjalankan kewajibannya dengan hati-hati, maka kita harus dapat membaca niat puasa untuk satu bulan. Berikut bacaan niat puasa satu bulan yang bisa moms baca,

Niat Puasa Ramadhan untuk Satu Bulan

Berikut ini niat puasa untuk satu bulan penuh taklid atau ikut ke imam maliki,

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانْ كُلِّهٖ لِلّٰهِ تَعَالٰى
Seja kaula puasa bulan romadhon tegesna sakabehna karena Alloh ta'ala
Baca juga: Niat Puasa Ramadhan untuk Sehari-hari (Setiap Hari)

Bagaimana Sudah Tahu Niat Puasa Ramadhan untuk Satu Bulan?

Niat merupakan rukun dari puasa, maka jika kamu ingin berpuasa harus berniat dimalam harinya.

Dengan adanya niat satu bulan ini yang disekalikan, maka dimana kamu lupa atau ragu niat puasa. Maka tidak perlu niat lagi, karena sudah niat puasa disebulankan.

Untuk niat puasa ramadhan satu bulan ini harus dilakukan diawal bulan ramadhan, jika tidak maka tidak sah.

Niat puasa ramadhan untuk satu bulan ini sebenarnya bentuk antisipasi atau istilah lain itu sedia payung sebelum hijan. Jadi, ketika kita lupa niat yang setiap hari kita baca setelah shalat tarawih, maka sudah dibadali atau diganti oleh niat yang satu bulan.